Di masa depan, tantangan dalam urusan mobilitas global diprediksi semakin rumit. Maka, dibutuhkan pendekatan inovatif demi menghadapinya. Untuk itu, Ford menantang game developer unjuk kebolehan menaklukan masalah-masalah tersebut lewat ajang Smart Mobility Game Challenge.

Para game developer diminta untuk menuangkan ide inovatifnya yang bisa mengintegrasikan sistem transportasi urban. “Elemen-elemen pada game telah terbukti bisa jadi cara efektif untuk menyelesaikan masalah pada kehidupan sesungguhnya di banyak bidang,” ujar Ford, seperti ditulis situs online Leftlane, Rabu (6/8).

Ford menyontohkan, nanti game yang telah dikembangkan bisa memberi penghargaan bagi komuter yang telah sukses melakukan perjalanan. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, misalnya ketepatan waktu tempuh, ongkos, kemudahan, serta kenyamanan.

Intinya, kesempatan ini bertujuan merangsang kreatifitas komunitas game menyumbangkan pendekatan segar untuk menghadapi isu transportasi dengan cara yang menyenangkan.

“Dengan mengaplikasikan kesenangan, hal menarik, serta penghargaan untuk perencanaan perjalanan bisa meningkatkan minat para komuter dan menyadarkan bahwa perilaku bisa memengaruhi infrastruktur secara menyeluruh,” jelas Ken Washington, Wakil Presiden Ford Research and Advanced Engineering.

Dikabarkan, sebanyak lima orang juri, diantaranya Tracy Fullerton dari USC serta Dan Greenawalt dari Turn 10 Studios akan memilih lima finalis. Pengumumannya akan dilakukan bersamaan dengan ajang Mobile World Congress 2016 di Barcelona.