Ford Ecosport (1)

Persaingan di kelas Small SUV 5-seater bermesin 1.5 liter di Indonesia memang tak terlalu ketat. Sebab hanya segelintir brand yang bermain di sini. Namun secara ceruk pasar sebetulnya sangat besar dan cukup menggiurkan. Kehadiran Ford Ecosport di IIMS tahun lalu memang cukup mengejutkan. Pasalnya, dari segi bentuk, “Fiesta Jangkung” ini memang cukup menarik perhatian. Tak heran bila kini sudah banyak berkeliaran di jalanan. Hal ini tentu saja karena banyak faktor yang menguntungkan untuk meminangnya.

Ford Ecosport (2)

Lalu siapa saja yang patut deg-degan dengan kemunculannya? Yes, Toyota Rush tentu mulai harus rela dimakan sedikit jatah jualannya. Hal ini kami anggap wajar saja karena lifecycle Rush sudah memasuki usia yang sudah cukup panjang (7 tahun). Lalu siapa lagi? Well, adalah ikon mobil nyeleneh yang dilansir tahun 2011 lalu.

Ford Ecosport (11)

Kalau melihat bentuk luarnya, desain yang dianut EcoSport tentu jauh lebih advance dibanding Rush. Namun ketika dipertemukan dengan Juke.Tentu saatnya selera berbicara. Rush nampak lebih kalem dan sederhana. Juke tentu sangat extra ordinary. Namun persamaan antara Rush dan Ecosport tentu saja pada “konde” yang dimilikinya. Yes, ban serep yang diposisikan pada pintu bagasi inilah yang membuatnya mirip.

Ford Ecosport (3)

Ford memang terkesan lebih lebar karena grilnya yang besar, walau kenyataannya ia lebih pendek dari Rush. Tapi menyimak wajah depan, Ecosport jauh lebih memiliki daya tarik dengan lampu begaris LED yang menyerupai Daytime Running Light (DRL) bawaan SUV sekelas Audi. Apalagi lampu itu bisa bertindak sebagai pendukung fitur follow me home, dimana lampiu akan tetap menyala hingga Anda menekan tombol lock pada remote.

Ford Ecosport (5)

Pemilik ukuran tubuh, panjang 4.241 mm dengan lebar 1.765 mm, tinggi 1.658 mm. Wheelbase 2.521 mm memang mengarahkan gayanya kepada tujuan keringkasan, kompak dan gesit.

Ford Ecosport 15

Masih di segi eksterior. Kaca spion EcoSport mengaplikasi gaya flag type yang tentu berbeda dengan kedua pesaing dekatnya. Tapi sayang tak bisa dilipat secara elektris. Tapi ada yang berbeda.Ya! Sunroof yang menjadi bawaan EcoSport kami rasa bisa menjadi nilai lebih bagi yang mementingkan gaya.

Ford Ecosport (6)

Suasana ruang kabin alias interior, EcoSport dibuat sangat sporty. Bahan jok berwarna hitam dengan stitching benang warna merah tentu saja makin mencuatkan nuansa balap.

Ford Ecosport (7)

Bicara tentang dashboard. Coba Anda lihat desain ford Fiesta. Mirip!  Nah, dibanding lawan mainnya. Eksterior dan Interior EcoSport inilahyang menjadi Wow Factor kemenangan telak. Futuristik adalah kata yang tepat.Teknologi smart keyless entry yang berpadu dengan tombol start/stop engine layaknya mobil modern saat ini sudah menjadi standartnya. Tatanan audio terintegrasi yang memiliki fitur telepon dan terkoneksi ke sistem setting kendaraan juga ada pada EcoSport.

Ford Ecosport (9)

Akomodasi dan space ruang memang masih kalah dengan Rush, namun jauh lebih lapang dibanding Juke. Namun fitur-fitur canggih yang dimilikinya tentu bisa menjadi daya tarik pada calon pembeli. Sistem berteknologiSYNC  yang bertindak juga sebagai pusat informasi kendaraan ini memiliki beragam fungsi, contohnya ponsel kita bisa dihubungkan ke mobil via bluetooth, membacakan SMS yang masuk ke ponsel kita dan tentu saja voice command yang menjadi andalan Ford. Kemenangan telak lainnya adalah Hill Start Assist dan Traction Control dimana pengalaman mengemudi dijamin akan jauh berbeda. Hampir semua fungsi ini bisa dimainkan daritombol yang ada di lingkar kemudi (steering swtich control).

Ford Ecosport Y

Soal mesin, 1.5 liter Ti-VCT dari Fiesta dengan output 110 HP dan 142 Nm yang notabene sebelas dua belas tenaganya dengan para pesaing masih diandalkan.Sektor transmisi, Ford sudah beberapa langkah lebih maju dengan transmisi dual clutch 6-percepatannya. EcoSport juga memberikan mode manual dengan memencet tombol plus dan minus di ujung atas shifter yang memang terasa agak aneh.

Ford Ecosport (8)

Perkara pengendalian dan kenyamanan saat di jalan.EcoSport memang telah dilengkapi kontrol traksi dimana Anda bisa merasakan sedikit getaran saat mulai berjalan. Hal ini juga ditengarai oleh mode ECO yang tentu saja dipercaya sebagai pengatur efisiensi bahan bakar. Lalu ada pula sensor parkir, dual airbag, ABS dan EBD yang kami rasa sudah menjadi standart mobil-mobil saat ini.

Ford Ecosport (10)

Well, bagi kami EcoSport adalah pilihan tepat bagi yang ingin tampil heboh dan pencari sensasi fun to Drive. Harga jual mulai Rp 195,4 juta untuk tipe MT-Ambiente, Rp 213,4 juta untuk tipe MT-Trend, Rp 223,4 juta untuk tipe AT-Trend, Rp 232,4 juta untuk tipe MT-Titanium, dan Rp 242,4 juta untuk tipe AT-Titanium.