Ford Fiesta Ecoboost (2)

Beberapa waktu lalu kami sempat mencoba Ford Fiesta Sport L A/T yang berkapasitas mesin 1500cc. Kesan sporty dan dinamis pada desain dan pengendalian memang masih membekas di diri kami. Malah kami sebut sebagai baby Aston Martin lantaran bentuk grill berbentuk trapezoidal-nya.

Namun kehadiran Fiesta Ecoboost belakangan ini cukup menarik hari kami.Tapi bagi beberapa orang Ecoboost justru menjadi sebuah hal yang aneh. Apa itu? “Masa cc cuma 1000 dan hanya tiga silinder harganya lebih mahal?”

Ford Fiesta Ecoboost (14)

Nah, kami seketika ingat petuah yang sering diucapkan orang tua. “Ada harga ada rupa”. Awalnya kami juga penasaran kenapa bisa begitu? Akhirnya kami mulai mencari jawaban-jawabannya. Secara fitur dan desain yang membedakan Ecoboost S dan S 1.5 hanya sebuah logo bertulisan ‘Ecoboost’ di pintu bagasi sebelah kiri. Sisanya sama persis.

Ford Fiesta Ecoboost (9)

Lalu kami mulai mengartikan secara harfiah nama dari eco dan boost. Eco biasanya digunakan pabrikan sebagai Economic (baca: irit). Jadi perihal 1000cc ini bisa dikatakan irit sekaligus berimbas ke ecological friendly lantaran pemakaian bahan bakar yang tak banyak. Lalu boost? Kata ini sangat identik dengan dorongan tenaga dan kecepatan. Kesimpulannya, ini adalah mesin yang sangat diimpikan banyak orang. Irit sekaligus kencang.

Ford Fiesta Ecoboost (3)

Hmm.. Penasaran juga sih kala mengetahui ada mesin yang dirancang irit sekaligus bertenaga.  Balik lagi ke awal, melihat desain eksterior dan interior, kami sudah tak membahas ke arah situ lagi. Sudah tentu eksterior dibuat sangat sporti. Begitu pun interior yang futuristis serta jok yang agak sedkiti keras diduduki layaknya sportscar. Begitupun soal fitur yang disajikan, Ford bisa dikatakan selalu memberi lebih di kelasnya. Seperti keyless entry beserta sensor hujan. Ford SYNC juga disematkan dan limpahan teknologi lainnya. Dual airbags dan rem ABS+EBD+BA mutlak adanya. Fitur advanced seperti kontrol traksi dan Hill Launch Assist tak lupa disematkan.

Ford Fiesta Ecoboost (5)

Tujuan utama kami jelas ke mesin. Tak mau berlama-lama, langsung saja kami menyalakan mesin 998 c 3-silinder bertenaga 125 daya kuda ini dengan menekan tombol Start/Stop. Nah, ada sedikit masukan dari kami, posisi tombol yang berada di sebelah kiri kemudi seperti kurang ergonomis, agak sulit diraih.

Ford Fiesta Ecoboost (13)

Sebelum berjalan, kami mulai merasa-rasa putaran mesin tiga silindernya. Dalam benak kami, mesin tiga silinder memang memiliki karakter stationer yang khusus, yaitu agak sedikit bergetar. Mungkin bisa Anda ambil contoh dari Agya dan Datsun GO+. Tapi anehnya, tak ada getaran khas mesin 3-silinder di sini.

Ford Fiesta Ecoboost (12)

Akhirnya kami mulai mencobanya berjalan. Tarikan awal memang ada sedikit gejala kosong. Namun hanya orang yang berpengalaman saja yang mungkin tahu gejala itu. Tapi selepas itu, selamat menikmati perjalanan Anda. Karakter mesin 3-silinder yang memiliki torsi besar di putaran sangat terasa. Karakter torsi 170 Nm antara 1.400-4.500 rpm ala EcoBoost terasa menyenangkan di kecepatan menengah. Makin hot lagi, Ecoboost ini sudah men-setting perangkat turbo yang katanya langsung bekerja sejak putaran 1.400 rpm. Tak seperti umumnya turbo yang bergerak di putaran 2000 atau 2500 rpm.

Ford Fiesta Ecoboost (19)

Mungkin terdengar berlebihan bila kami anggap mesin ini memang enak sekali dipacu. Bisa saja Anda merasa skeptis, lantaran mesin 1000cc mana bisa enak dipakai ngebut? Kami sudah membuktikannya di Cipularang dan jalan berliku dan menikung di Garut, Jawa Barat. Tenaga yang dihasilkan sangat rata di puataran tengah ke atas. Transmisi otomatis 6-speed double-clutch cukup mengawal kesenangan Anda dalam mengemudi.

Ford Fiesta Ecoboost (1)

So, bagi kami yang telah merasakan Ecoboost ini, rasanya tak salah bila dunia internasional menganugerahi International Engine of the Year sejak 2012 dan berlaku hingga saat ini.

FYI: Sebelumnya, penyabet gelar dua tahun berturut-turut adalah mesin teknologi mesin 1.4 L TSI (Twincharger) milik Volkswagen. Dimana dua pendongkrak tenaga sekaligus disematkan (Supercharger dan Turbocharger). Jadi clue yang perlu diperhatikan para produsen mobil adalah, mesin yang irit namun bertenaga.