Lewis Hamilton (Mercedes) akhirnya keluar sebagai juara dunia Formula 1 2017 usai balapan yang digelar di Meksiko, Minggu (29/10) kemarin. Balapan tersebut tak mudah bagi Lewis dan diwarnai duel ketatnya dengan Sebastian Vettel (Ferrari).

Selepas start kedua pembalap top tersebut sempat bersentuhan yang mengakibatkan kerusakan pada masing-masing mobil. Vettel mengalami kerusakan front wing. Sementara Lewis mengalami pecah ban.

Vettel menjalani balapan yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodriguez dengan kesadaran penuh bahwa dirinya butuh menang sekaligus berharap Lewis finish tak lebih baik dari posisi lima. Penampilan ngotot masing-masing pembalap didorong oleh ambisi keduanya menjaga peluang juara dunia terbuka.

Meski akhirnya gelar tersebut jatuh ke tangan Lewis karena Vettel hanya mampu mengakhiri balapan di posisi keempat. Vettel menanggapi hasil balapan ini dengan kekecewaan. Namun di lain sisi dirinya juga mengapresiasi keberhasilan Lewis yang padahal di balapan itu finish kesembilan.

“Ini sangat mengecewakan, sudah jelas. Tapi tak penting apa yang kita lakukan hari ini. Yang lebih penting adalah apa yang telah dilakukan Lewis (Hamilton). Dia melakukan pekerjaan yang hebat sepanjang tahun dan pantas menerima gelar juara. Jadi, selamat buat dirinya,” ungkap Vettel.

“Saya tidak takut padanya. Saya suka membalap dengan dia, saya berharap pertarungan ini bisa lebih panjang lagi. Tapi secara keseluruhan Mercedes lebih baik,” tambahnya.

Gelar ini menjadi yang keempat bagi Lewis (2008, 2014, 2015, 2017) yang artinya menyamai raihan gelar juara dunia yang dikumpulkan Vettel (2010, 2011, 2012, 2013).

Lewis Hamilton Juara Dunia Formula 1 2017