Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) resmi menghapus PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) dari daftar keanggotaan lantaran sebagai salah satu anggota, PT MBDI tidak melaporkan data penjualan (wholesales) dari pabrik ke dealer sejak April 2017. Sebelumnya GAIKINDO sudah pernah mengirimkan surat kepada pabrikan berlambang bintang tersebut namun persoalan itu belum menemukan jalan tengah.

Kepada Antara, Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara mengkonfirmasi pabrikan mobil premium asal Jerman itu tidak menjadi anggota sejak dilayangkan surat pemutusan hubungan pada 15 Februari 2018. “Iya betul,” tegas Kukuh Jumat (16/2) terkait dikeluarkannya Mercedes-Benz dari daftar keanggotaan Gaikindo.

Kukuh membenarkan bahwa dilayangkannya surat pemutusan hubungan keanggotaan itu karena pihak Mercedes-Benz Indonesia tidak patuh untuk memberikan laporan penjualan. Secara terpisah, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto, mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan kesempatan hingga memfasilitasi Mercedes-Benz Indonesia agar memberikan laporan penjualan itu.