Menakjubkan, itulah kata-kata yang terbesit di pikiran kami saat melihat sebuah postingan yang diunggah oleh akun Instagram RTR Vehicles (@rtrvehicles). Sebuah Ford Mustang Mach-E yang dimodifikasi oleh Vaughn Gittin Jr, punggawa RTR Vehicles yang punya spesialisasi memodifikasi Ford Mustang sejak 2007 untuk ditingkatkan kemampuannya demi kebutuhan motorsport.

Ya, Ford Mustang Mach-E memanglah jauh berbeda dengan Ford Mustang pada umumnya. Ia bukanlah sebuah kupe atau two doors bertenaga besar dan berpenampilan sangar, melainkan sebuah kompak SUV bertenaga listrik dengan tampang sopan yang dirilis Ford demi mengikuti perkembangan zaman mobil listrik.

Tangan dingin Vaughn membuat kompak SUV bertenaga listrik tersebut jadi besutan sadis yang kini punya sebutan All Electric Mustang Mach-E 1400! Ada tujuh buah motor listrik dengan tenaga total setara 1.400 dk yang bertugas sebagai pembangkit tenaga penggerak untuk keempat rodanya. Oleh karenanya, sesuai namanya, All Electric Mustang Mach-E 1400 merupakan sebuah kompak SUV listrik all-wheel drive dengan tenaga puncak sebesar 1.400 dk.

Tidak main-main memang, RTR Vehicles yang seluruh hasil karyanya telah mendapat pengakuan dan izin dari Ford Performance, divisi ‘kebut’nya Ford berhasil membuat viral mobil ini dan mendapatkan banyak apresiasi dari seluruh dunia.

Dalam video peluncurannya yang membuat banyak orang terkesima, All Electric  Mustang Mach-E 1400 dipacu langsung di area tertutup melawan Ford Mustang NASCAR besutan Joey Logano, Ford Mustang Shelby GT350R andalan Hailey Degan, Ford Mustang RTR Drift tunggangan Chelsea Denofa serta 1965 Ford Mustang Hoonicorn RTR V2 yang biasa ditampilkan Ken Block di gymkhana.

Artinya, sebuah hal yang dapat kita petik dari video tersebut adalah satu buah Ford Mustang Mach-E bila berada ditangan yang tepat dapat menjadi sebuah besutan kompetisi yang dapat diadu di hampir seluruh cabang balapan. Sangat menarik, untuk menjadi sebuah multi purpose race car.

Meski punya tenaga yang besar, namun keamanan tetap menjadi hal nomor satu. Selain rollcage enam titik multi directional, keamanan penumpang juga cukup terjamin dengan adanya empat buah bucket seat Recaro Pro Racer SPG yang punya konfigurasi 2+2, dua di depan dan dua di belakang. Jok balap ini punya fitur pelindung kepala yang sangat mendukung peranti HANS (Head and Neck Support).

Memang sudah tak ada lagi suara deruan knalpot keras dan agresif dari mesin V8 berkapasitas mesin besar, gantinya adalah suara desingan motor cukup keras yang berputar cepat sesuai injakan pedal gas. Mirip suara saat kita bermain radio control (RC).

Penasaran bagaimana performanya, simak tontonan dibawah.