Chrome merupakan langkah termudah yang dapat diaplikasikan para modifikator untuk mendongkrak tampilan kendaraan. Selain komponen yang terlapis cairan nickel bertemperatur tinggi tersebut akan terlihat lebih resik dan elegan karena berkilau, teknik chrome plate coating untuk finishing peranti kendaraan tersebut terbilang mudah untuk dibersihkan dari kotoran yang melekat dan antikorosi.

Umumnya material yang dapat menggunakan aplikasi electro platting dengan teknik celup ini adalah berbahan dasar metal atau besi. Kendati demikian seiring kemajuan teknologi, material berbahan plastik abs pun kini bisa mengadopsi teknik pencelupan pada cairan nikel bertemperatur tinggi dan beraliran daya listrik tanpa resiko meleleh.

cvt-cover-vario

Biayanya pun terbilang cukup terjangkau. Untuk sebuah komponen kecil seperti handle rem sepeda motor, cover CVT skuter matik, cover valve mesin mobil hingga centre wheel cap oleh Garage Auto Chrome dibanderol mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu per buahnya.

Tak hanya komponen kecil, peranti besar seperti pelek dan bumper mobil pun dapat dilapis electro platting nickel chrome oleh bengkel di bilangan Bekasi ini dengan cara dicelup. Tentunya biaya yang harus dikeluarkan konsumen sedikit lebih besar, yaitu mulai dari Rp 800 ribu untuk pelek berdiameter besar dan Rp 4 juta untuk sepasang bumper depan dan belakang mobil.

img_8669

Andika Putra, punggawa Garage Auto Chrome menyebutkan teknik ini terbilang aman asal pengaplikasiannya tepat. Artinya mulai dari pilihan cairan yang digunakan, travo penghasil daya listrik yang sesuai hingga pre-process dan durasi pencelupan dilakukan dengan benar, maka hasilnya akan optimal.

Tak sampai disitu saja, bengkel yang beralamatkan di Jl. Manggis I Blok B No.36 Poncol Bulak Bekasi tersebut juga mengganjar garansi bagi setiap konsumen yang menggunakan jasanya. “Kami berikan garansi hingga tiga bulan sejak pengerjaan jika ada kecacatan pascaproduksi. Misal menguning ataupun rontok,” tambah Andika.

wheels-striping

Bukan hanya electro platting nickel chrome, bengkel seluas 400 meter persegi  yang sudah bermain chrome sejak tahun 2000 silam ini juga melayani proses buffing dan polishing untuk beberapa komponen berbahan dasar besi, alumunium dan besi campur alumunium.

“Biasanya untuk buffing dan polishing dapat diapliaksikan pada bibir pelek mobil, side foot step mobil dan motor hingga swing arm sepeda motor. Proses pengerjaannya dilakukan dengan alat khusus berputaran tinggi sebagai finishing touch-nya,” jelas pria Ayah satu putri tersebut.

Bagi yang hobi merestorasi mobil klasik, Garage Auto Chrome juga menyediakan layanan stripping yang mampu mengembalikan warna asli material sehingga memiliki tampilan yang otentik dan terlihat baru. Seperti engsel kap motor, baut-baut hingga pegangan bumper dan pelek besi.

Menariknya, bengkel ini menerapkan sistem AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang baik untuk para warga disekitaran bengkel. Bubuk sisa cairan larutan chrome yang sudah tak lagi digunakan ditampung dalam sebuah bak kontrol untuk diendapkan dan diolah menjadi pupuk kompos.