Kendati telah melakukan negosiasi, produsen motor trail dan enduro asal Spanyol Gas Gas Motos tidak berhasil keluar dari jurang kebangkrutan. Melalui siaran resminya, Gas Gas mengumumkan penjualan pabriknya guna menebus hutang yang mencapai $ 32.5 juta.

Sebetulnya, kebangkrutan tersebut sudah mulai terasa sejak awal tahun lalu saat Gas Gas tidak berhasil meyakinkan satu investor pun untuk membantunya keluar dari masalah finansial. Pemerintah Spanyol pun tidak tinggal diam dan sempat menggelontorkan sejumlah dana namun tidak cukup untuk menyelamatkan Gas Gas.

Rumor yang beredar, beberapa produsen sekaligus komptetironya berniat untuk membeli Gas Gas dan melanjutkan bisnisnya. Nama yang disebut-sebut diantaranya produsen asal Austria KTM dan dua perusahaan Cina yang ingin memperluas produknya ke daratan Eropa : Shineray dan SWM.

“Targetnya adalah menjual unit produksi agar bisa mengaktifkan lagi pabrik Gas Gas Motos,” tulis Gas Gas pada siaran persnya. Gas Gas juga berharap, pembeli yang datang bisa memastikan rencana jangka panjang yang solid dan bekelanjutan bagi perusahaan.

Sambil menunggu proses penjualan unit produksi tersebut, Gas Gas akan sepenuhnya fokus pada pelayanan purna jual dan penjualan komponen suku cadang demi memenuhi hak-hak konsumennya.

“Kami akan sepenuhnya berusaha untuk memastikan level service pada beberapa area suku cadang serta departemen purna jual,” lanjutnya.