Kemunculan brand-brand motor listrik terbilang lebih cepat dibandingkan mobil listrik. Dapat terbukti saat gelaran pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, terhitung ada belasan brand yang mengikuti gelaran ini.

Dapat terlihat para pengunjung sangat antusias untuk mengetahui lebih dalam informasi seputar motor listrik. Terlebih harga bahan bakar minyak non subsidi kini mulai terus mengalami kenaikan. Sementara untuk pengisian kendaraan listrik yang memanfaatkan tenaga listrik dipastikan bisa lebih terjangkau.

Selain ramah dikantong tentunya kendaraan listrik memiliki kelebihan lain yang berdampak pada lingkungan. Disisi lain kendaraan listrik juga memiliki kekurangan loh. Seperti halnya konvensional matic dan manual yang memiliki plus minus dalam penggunaan.

Berikut plus minus penggunaan motor listrik:

Kelebihan motor listrik

1. Mengurangi emisi, kendaraan listrik ini menggunakan energi dari baterai. Inilah yang membuat tidak ada asap knalpot yang menambah kadar karbondioksida di udara.

2. Lebih irit, motor listrik memperoleh tenaga dari baterai, oleh sebab itu Anda bisa lebih hemat membeli BBM dan mengurangi impor BBM.

3. Tanpa suara, Kelebihan motor listrik selanjutnya adalah memiliki suara mesin yang cenderung lebih halus. Ini karena motor listrik memang tidak memiliki proses internal sehingga tidak terjadi kebisingan seperti motor konvensional.

4. Mudah perawatan, perawatan motor listrik ini cenderung lebih mudah jika dibandingkan dengan motor konvensional. Ini karena jumlah komponen motor listrik ternyata lebih sedikit jika dibandingkan dengan komponen motor konvensional.

Kekurangan motor listrik

1. Minim tempat pengisian, motor listrik merupakan kendaraan yang mampu menempuh jarak 80 kilometer hingga 120 kilometer. Sayangnya, belum ada jaminan adanya tempat pengisian daya atau penggantian baterai per 120 kilometer jika motor itu kekurangan daya di perjalanan.

2. Minim bengkel, sampai saat ini kita tidak bisa begitu saja membawanya ke bengkel konvensional. Tak hanya bengkel resmi, ketersediaan spare part motor listrik juga masih minim di Indonesia.

3. Beban tidak besar, kekurangan motor listrik selanjutnya adalah beban maksimalnya yang dirasa masih kurang. Motor listrik memang memiliki rangka yang kokoh, namun beban maksimal motor ini berbeda dari motor konvensional.

4. Harga baterai, saat ini harga baterai kendaraan listrik terbilang masih mahal. Oleh sebab itu banyak brand yang menawarkan konsumen untuk sistem sewa. Pro kontra soal sewa juga kerap menjadi point negatif untuk konsumen. padahal ketika baterai rusak tentunya kalian tidak pusing lagi untuk membeli, hanya tinggal menukar ke bengkel.

Lantas bagaimana, apakah sudah siap dan yakin untuk menggunakan motor listrik dalam kegiatan sehari hari?