Gene Winfield 1960 Ford van

Mau jadi pusat perhatian? Gampang… Tidak perlu punya tampang ganteng lalu pura-pura bodoh dan menuai kontroversi hanya karena mau tampil di televisi. Cukup besut mobil keren dengan tampilan nyeleneh. Seperti Ford Econoline yang satu ini. Sejatinya, wajah standar compact van yang mendebut di 1961 ini sudah mampu menjadi magnet saat dipacu di jalan raya.

Gene Winfield 1960 Ford van d

Namun bagi seorang builder legendaris seperti Gene Winfield, hal tersebut masih belum cukup. Hingga akhirnya tangan kreatif modifikator bernama lengkap Robert Eugene Winfield ini meracik formula jitu untuk mendongkrak tampilan Ford Econoline Pick-Up di Winfield Custom Shop yang dipesan oleh Ford Custom Car Caravan. Setelah proses modifikasi selesai, Gene bersama Ford membesut Pacifica keliling AS setelah debutnya di Portland, Oregon.

Gene Winfield 1960 Ford van e

Setelah pensiun, Ford menjual Pacifica ke pebalap Indie Car bernama Troy Ruttman. Jr. Namun lepas Truttman tewas akibat insiden saat mengikuti sebuah balapan, Ford Econoline ini tak jelas rimbanya. Bahkan Gene sendiri sempat mengedarkan iklan di Dearborn dan menanyakan kabar Pacifica ke orang-orang terdekat Truttman.

Gene Winfield 1960 Ford van f

Merasa putus asa, akhirnya Gene memutuskan untuk membuat kloningan dari Pacifica. Gayung pun bersambut. Sahabat Gene Winfield bernama LeRoy Goulart mempersembahkan Ford Econoline pickup sebagai hadiah ulang tahun. Reinkarnasi Pacifica ini dibuat identik dengan model sebelumnya, dengan desain yang asimetris, flip-up headlights, hingga grille depan yang unik. Sementara untuk mesin, Gene lebih percaya pada lumbung pacu 5.0 liter bawaan Ford Thunderbird sekaligus dengan siste transmisi dan rear endnya. Urusan suspensi dan airbags diisi milik Ford Mustang II.

Gene Winfield 1960 Ford van c

Penasaran? Tunggu laporan lengkap TheGasPolCom bersama Gearhead Monkey Garage langsung dari 23rd Annual Yokohama Hot Rod Custom Show 2014 yang akan digelar di Pacifico Yokohama Exhibition Hall, 7 Desember mendatang.

image: http://justacarguy.blogspot.com/