General Motors (GM), produsen global kendaraan Chevrolet kini menggunakan teknologi desain perangkat lunak terbaru untuk kendaraan yang lebih ringan. Teknologi merupakan kunci utama untuk mengembangkan kendaraan generasi terbaru dengan tenaga penggerak yang lebih ringan dan efisien serta kendaraan nol emisi.

Pabrikan bermarkas di Amerika Serikat ini merupakan produsen otomotif pertama di dunia yang menggunakan teknologi perangkat lunak desain generative dari Autodesk perusahaan berbasis teknologi di Amerika Serikat. Teknologi ini menggunakan komputasi awan dan algoritma berbasis Artificial Intelligence untuk mempercepat eksplorasi berbagai garis desain, menghasilkan ratusan performa terbaik, pilihan desain geometric dengan tampilan organik berdasarkan tujuan dan parameter yang diatur oleh pengguna. Pengguna kemudian dapat menentukan pilihan desain yang paling sesuai, seperti berat, kekuatan, pilihan material, metode pembuatan dan lain-lain.

“Teknologi terbaru ini menyediakan berbagai pembaruan yang luar biasa sehingga memungkinkan kami untuk merancang dan mengembangkan komponen untuk kendaraan masa depan dan menjadikannya lebih ringan serta efisien,” ungkap GM Vice President Ken Kelzer, Global Vehicle Components and Subsystems.

Lebih lanjut Kelzer menyebutkan, ketika kami memasangkan teknologi desain dengan kemajuan produksi seperti pencetakan 3-D, pendekatan kami dalam pengembangan kendaraan benar-benar berubah dan secara fundamental berbeda untuk menciptakan kembali cara baru dengan teknologi yang tidak dapat kami bayangkan sebelumnya.

GM telah memadukan keringanan dengan material berkekuatan tinggi pada kendaraan pick-up yang kokoh Chevrolet Colorado dan SUV premium Trailblazer yang akan memimpin industri kendaraan yang lebih ringan ke tahap selanjutnya. Teknologi desain terbaru ini memberikan pengurangan massa kendaraan dan peluang konsolidasi komponen yang tidak dapat dicapai melalui metode optimisasi desain tradisional.

Sebagai bagian dari kerjasama yang berfokus pada inovasi selama bertahun-tahun, GM dan Autodesk akan berkolaborasi pada proyek-proyek yang melibatkan generative design, produksi bahan tambahan dan sains. Para eksekutif dan insinyur dari dua perusahaan ini akan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan untuk bertukar ide, berbagi pembelajaran dan keahlian. GM juga memiliki izin untuk mengakses penuh portfolio perangkat lunak dan teknis Autodesk.