Mesin General Motors

General Motors (GM) bakal merilis generasi terbaru dari keluarga mesin kecil, EcoTec. Berencana untuk memasukan mesin ini dalam produksi mobil-mobil terbaru pada tahun ini, GM berjanji produknya bakal lebih efisien dan punya perbedaan yang signifikan dari EcoTec terdahulu.

Ditengok dari 3 silinder yang dipakai pada mesin sebelumnya, sekarang pabrikan menjadikan mesin ini 4 silinder dengan perpindahan dari 1.0 ke 1.5 liter. EcoTec terbaru juga bakal membuat tenaga mobil jadi lebih tinggi. Buktinya?

Mesin ini bakal rilis dengan varian turbocharged dengan output topping keluar pada 165 tenaga kuda dan 184 lb-ft torsi untuk high-end turbo 1.5-liter inline-four. Yap, nggak salah kalau arsitektur mesin ini memang dirancang untuk mendukung teknologi hybrid dan bahan bakar alternatif konfigurasi masa depan.

Niat mencoba teknologi terbaru GM satu ini? Kabarnya, EcoTec terbaru bakal ditempatkan pada 27 model mobil berbeda. Namun, untuk saat ini mereka bakal meluncurkan mesin ini bersama Opel Adam dan generasi berikutnya. EcoTec juga bakal melirik pasar China melalui Chevrolet Cruz. Keduanya dipersiapkan untuk diluncurkan tahun ini.