Setidaknya sudah hampir lima tahun lamanya berselang sejak Granite Concept turun pertama kali di Detroit Auto Show 2010 sebagai kejutan General Motors atas sebuah kendaraan baru yang mungil. Kini sinyal-sinyal positif terlihat setelah dipatenkannya nama GMC Granite oleh raksasa otomotif Amerika tersebut.

Diketahui perlindungan hak atas nama GMC Granite disodorkan ke Kantor Hak Cipta Amerika pada Jumat lalu (26-05). Dengan nomer seri 86640666 GM mencatatkannya di baawah kendaraan bermotor di darat, yang mana ditujukan untuk mobil penumpang.

Maka dengan ini jelaslah spekulasi yang sempat dibeberkan Mark Reuss, President GM North America, akan hadirnya sebuah portofolio inovatif. GMC Granite sendiri dalam bentuk konsep adalah mobil segmen-C, yang memiliki bentuk serupa dengan Volkswagen Golf atau BMW 2-Series.

“Granite adalah sebuah tipe kendaraan baru dari GM, produk yang akan dapat merentangkan pikiran orang-orang tentang bagaimana GMC ke depannya. Sebuah urban utility vehicle atau UUV, generasi baru untuk para konsumen yang mencari desain tegas dan fungsionalitas,” ujar Lisa Hutchinson, Direktur Pemasaran Produk GMC lima tahun silam di Detroit.

Nama GMC sendiri memang telah lekat di benak para konsumen atas kendaraan tangguh dan juga truk – truk pick-up khas Amerika. Bila nantinya konsep ini jadi dirproduksi, Granite akan mendapat predikat mobil terkecil yang GMC pernah buat.