Oktober 1967 merupakan salah satu waktu yang memiliki nilai sejarah bagi Datsun. Tepat 50 tahun lalu tersebut, Datsun mengenalkan seri 510 atau yang biasa dikenal dengan varian Bluebird.

Seluruh dunia merayakan selebrasi golden age atau tahun emas bagi Datsun 510, termasuk Indonesia. Minggu (17/12) lalu, di Buperta Cibubur, para pemilik dan pecinta Datsun 510 berkumpul untuk merayakan 50 tahun keberadaan mobil ini di tanah air.

Acara ini digagas oleh para pemilik Datsun 510 itu sendiri dan digelar atas swadaya para personal-personal pecinta sedan kecil yang menjadi mobil favorit di zamannya. Acara perayaan Golden Age Datsun 510 ini juga sukses berlangsung tanpa adanya dukungan dari Agen Pemegang Merek (APM) maupun pihak lain.

Di Indonesia, komunitas pecinta dan pemilik Datsun 510 ini tersebar di seluruh penjuru nusantara, seperti Padang, Lampung, Jabodetabek, Jawa dan Bali. Komunitas ini masih selalu aktif melakukan kegiatan-kegiatan rutin mulai dari kopdar, touring dan acara sosial bersama para pemilik dan pecinta Datsun 510.

Ilham Basuki Rahmad, Ketua Panitia Golden Age Datsun 510 menyatakan, terkait rencana ulang tahun ke- 50 Datsun 510 yang juga diadakan oleh beberapa negara lain, maka kami juga mengadakan event serupa yang sangat memorial ini di Indonesia. Dengan harapan negara lain akan melihat bahwa di Indonesia Datsun 510 juga masih eksis dan menjadi salah satu yang legendaris.