Pasar Asia selalu diminati pegiat bisnis otomotif. Karakteristiknya yang unik serta kebutuhan konsumen yang beragam seolah “menantang” pemain-pemain besar untuk bersaing menguasainya. Bukan cuma produsen mobil tapi juga dari sektor industri pendukung seperti Goodyear yang berencana menambah kekuatannya.

Goodyear Tyre and Rubber Co. berencana mendirikan Pusat Penelitian dan Pengembangan produk barunya di Tiongkok pada tahun ini. “Didirikannya fasilitas ini akan memperkuat peran terdepan Goodyear dalam industri ban global sekaligus menunjukkan fokus kami terhadap pasar Tiongkok dan Asia,” ujar Richard Kramer selaku Chairman dan CEO Goodyear.

Goodyear melihat bahwa pasar Asia membutuhkan produk ban inovatif guna memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Hal itu datang dari bervariasinya medan jalan pada kawasan ini. Alasan lain pendirian fasiltas tersebut ialah memanfaatkan recana besar pemerintah Tiongkok yang akan membuka kawasan industri baru di Provinsi Liaoning.

Dengan target produksi mencapai 13 juta ban pertahun, fasilitas yang akan dilengkapi teknologi mutakhir ini menjadi salah satu pabrik ban terbesar di dunia. Untuk kawasan Asia Tenggara sendiri, Goodyear telah memiliki tiga fasilitas yang terletak di Indonesia, Malaysia, dan Thailand.