toyota-gt86-cs-v3-1

Mobil sport legenda dari Toyota AE 86 terkenal dengan kelincahannya melahap tikungan di gunung Akina. Mobil ini juga banyak digunakan oleh para pembalap yang terjun dalam ajang balap drift. Mobil yang cukup melegenda ini telah diperbaharui hasil kerjasama antara Toyota dengan Subaru.

Mobil penerus dari AE 86 yang memiliki nama Toyota FT 86 ini juga sering kita jumpai di ajang drift Internasional. Sebut saja Max Orido, drifter kawakan ini mengandalkan mobil sport legenda yang biasa di sebut ‘Hachiroku’. Kali ini FT 86 tampaknya akan banting stir ke ajang balap lain, beberapa waktu lalu terlihat mobil sport dua pintu ini tengah diuji coba untuk menghadapi balapan World Rally Championship.

Mobil dengan kode GT-86 CS-R3 ini rencananya akan turun secara resmi pada bulan Agustus di seri ke Sembilan ajang World Rally Championship. Mobil ini dikembangkan oleh Toyota Motorsport, dan diharapkan akan kembali mengulang sejarah yang pernah diciptakan oleh Toyota Celica TA64 Twin-Turbo yang pada jamannya berhasil menjadi raja dikelasnya.

Toyota akan menandakan comebacknya di ajang ADAC Rallye Deutschland, menurut pihak Toyota mereka akan menyediakan kendaraan yang kompetitif namun dengan harga terjangkau untuk terjun di World Rally Championship. “Kami menyediakan mobil kompetisi yang hemat biaya namun kompetitif untuk para tim privateer yang ingin berpartisipasi,” ungkap perwakilan dari Toyota.

GT-86 CS R3 tak sepenuhnya akan menjalani ADAC Rallye Deutschland, tetapi lebih kepada pengembangan dan pengetestan mobil. Mobil yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 250dk ini akan diujicoba secara nyata dengan mengikuti salah satu ajang WRC.