Pentas Kustom Kulture Negeri Jiran kembali bergulir, akhir pekan (29-30/7) lalu di Malaysia Agro Exposiotion Park, Serdang. Beragam konten yang diusung oleh ajang yang telah dihelat sebanyak enam kali tersebut berhasil menjadi magnet yang sanggup menyita perhatian puluhan ribu pengunjung, yang tidak hanya berasal dari pecinta dan penggiat skena kustom saja.

“Terbukti banyak pengunjung yang datang dengan membawa keluarganya. Dan untuk membuat mereka nyaman, kami telah menyediakan para petugas khusus yang akan mengantar mereka untuk melalui jalur khusus di pintu masuk tanpa harus mengantri. Karena selama dua hari acara ini digelar, antrian di pintu masuk sudah mengular sepanjang belasan bahkan puluhan meter. Belum lagi perwakilan dari komunitas Hot Wheels yang datang khusus untuk bertemu dengan Jun Imai, sang desainer,” jelas founder Art of Speed, Asep Ahmad.

Well, memang beragam alasan orang rela berpanas-panasan datang ke Art of Speed. Selain menikmati pesona motor-motor custom atau mobil-mobil modifikasi buah ide builder-builder lokal, mereka juga bisa bertatap muka langsung dengan nama-nama besar di skena kustom roda dua. Semisal Cole Foster (Salinas Boys), Chopperdave, Kaichiro Kurosu (Cherry’s Company), Yuichi Yoshizawa (Custom Works Zon), Hideya Togashi (Hide Motorcycle), Toshiyuki Osawa (Cheetah Japan), hingga Shige Suganuma (Mooneyes Japan).

Tidak hanya itu. Pihak penyelenggara juga menyediakan area khusus yang diperuntukkan bagi para penikmat eksotisme mobil-mobil modifikasi di satu area khusus. Di sana dipajang modifikasi mobil yang sebagian besar beraroma JDM. Oh ya, gerai custom Porsche ternama, Rauh-Welt Begriff juga menghadirkan dua mobil modifikasi berbasis Porsche 911.

“Kami mencatat terdapat lebih dari 30 ribu pengunjung datang ke MAEPS, di Serdang. Kaget juga sih. Kami tidak menyangka sambutan dari masyarakat Malaysia sangat antusias. Namun lebih dari itu, pekerjaan rumah kami selanjutnya adalah menyiapkan konten-konten yang jauh lebih menarik dan lebih unik agar bisa kembali dinikmati oleh mereka di gelaran Art of Speed selanjutnya tahun depan,” tutup Asep saat kami temui di gerai Riders Garage miliknya.