Pekan depan, 7 Maret 2019 di kalender tertera tanggal merah. Artinya akan ada kesempatan untuk liburan akhir pekan yang lumayan panjang selama empat hari.

Berwisata keluarga atau bersilaturahmi di luar kota rasanya bakal jadi opsi yang bagus mengisi libur panjang akhir pekan. Apalagi kini provinsi di pulau Jawa sudah hampir sepenuhnya tersambung dengan jalan Tol Trans Jawa. Seperti Tangerang – DKI Jakarta – Jawa Barat – Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Artinya mengunjungi tempat-tempat wisata keren yang Instagramable atau mencicipi kuliner lokal lezat kini terasa lebih terjangkau. Berarti kini tinggal mencari referensi tempat apa yang bakal dikunjungi.

Namun perlu diingat, perjalanan jauh menggunakan mobil atau road trip juga perlu persiapan pada kendaraan. Agar perjalanan tetap aman dan nyaman sampai tempat tujuan dan kembali pulang.

Menurut Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs and Communications Director, GM Indonesia mengatakan, perjalanan panjang, selain harus didukung oleh kendaraan yang memiliki keamanan, kenyamanan serta fitur-fitur keselamatan yang memadai, juga harus diiringi dengan pola mengemudi yang aman. Patuhi peraturan lalu lintas dan lakukan istirahat yang cukup di tengah perjalanan.

Apa saja yang patut menjadi perhatian sebelum berkendara jauh, simak ini.

  1. Mempelajari Hal dasar

Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian. Misalnya:

  • Memeriksa lampu, oli, rem, ban yang sudah terisi angin dan air dan karet wiper. Selain itu, jangan lupa memeriksa kondisi tekanan angin ban cadangan.
  • Pastikan bahan bakar penuh dan tidak habis sampai dengan SPBU berikutnya.
  • Memeriksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada kendaraan.
  • Persiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat termasuk layanan derek mobil.
  1. Servis mobil berkala

Periksa catatan servis rutin kendaraan Anda. Bila sudah mendekati jarak tempuh yang tertera pada buku servis, segera kunjungi bengkel resmi terdekat, agar kondisi mobil tetap prima selama dalam perjalanan.

  1. Barang Bawaan

Rencanakan barang-barang bawaan Anda untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan maupun di tujuan wisata dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat. Mainan atau perangkat hiburan sangat membantu agar-anak-anak dapat menikmati perjalanan tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi. Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi Anda tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi.

  1. Riset Rute

Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU dan bengkel. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah untuk menghindari kemacetan atau salah arah.

  1. Konektivitas

Ini merupakan suatu aspek yang penting bagi pengemudi saat melakukan road trip. Memanfaatkan fitur yang ada di mobil, entertaiment system  selain menjadi sarana hiburan seperti menikmati koleksi lagu-lagu yang tersimpan di ponsel maupun aplikasi streaming musik, Headunit berfitur Mylink pada kendaraan Chevrolet juga dapat melakukan konektivitas dengan peta-peta digital yang membantu pengemudi memberikan panduan rute yang dibutuhkan. Cukup sambungkan ponsel iPhone Anda pada USB port yang tersedia, Anda langsung terkoneksi dengan fitur-fitur diatas.

  1. Kebugaran

Berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat dan melakukan senam ringan terutama bagi Anda yang mengemudi. Berilah kesempatan bagi penumpang terutama anak-anak untuk berganti suasana sejenak untuk menghilangkan rasa bosan duduk lama di kendaraan.

Jangan lupa juga untuk tetap menjaga batas kecepatan sesuai dengan peraturan yang ada di jalan bebas hambatan. Apabila mengantuk atau mengalami kelelahan pada mata segeralah mampir ke tempat istirahat terdekat dan jangan memaksakan untuk tetap mengemudi.

Enam point tadi semoga dapat bermanfaat untuk persiapan Anda mengawali perjalanan akhir pekan bersama keluarga.