Pembalap tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport, Lewis Hamilton berhasil menggondol gelar juara GP Singapura setelah mampu menaklukkan Daniel Ricciardo yang ada di urutan dua dan rekan setimnya di Mercedes, Valtteri Bottas di tempat ketiga.

Insiden yang melibatkan duet Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen serta pembalap Red Bull, Max Verstappen di tikungan pertama, membuat Hamilton yang start dari posisi lima langsung mengambil alih jalannya balapan hingga bendera finish dikibarkan.

“Saya sangat gembira. Saya senang balapan dalam kondisi hujan. Ini merupakan pertama kalinya kami balapan di Singapura saat hujan, jadi merupakan sebuah tantangan tersendiri. Dan yang paling menyenangkan adalah saat Anda bisa lolos dari tantangan terberat. Kuncinya adalah tetap fokus dan tidak melakukan kesalahan sama sekali. Kami sangat beruntung bisa menang di sirkuit yang bukan sirkuit favorit kami. Kinerja Valetteri juga sangat baik yang membuat kami bisa menambah poin di klasemen konstruktor,” jelas Hamilton.

Sementara rekan setimnya, Valtteri Bottas mengatakan bahwa keberuntungan berperan penting pada balapan yang dihelat di Marina Bay Street Circuit tersebut. Pembalap Finlandia ini menuturkan, “Hari ini menunjukkan bahwa semuanya mungkin, inilah balapan. Saya rasa dalam keadaan normal, sangat sulit untuk kami bisa berada di podium. Namun hari ini kami sangat beruntung. Masih ada enam balapan lagi, jadi semuanya masih terbuka lebar.”

Saat ini Lewis Hamilton menjadi pemuncak klasemen pembalap sementara dengan total poin 263 atau unggul 28 angka di depan Sebastian Vettel (235 poin). Posisi tiga klasemen ditutup oleh Valtteri Bottas dengan raihan nilai 212 poin. Sementara Mercedes-AMG Petronas Motorsport memimpin klasemen konstruktor dengan nilai 475, diikuti oleh Ferrari (373 poin) dan Red Bull Racing dengan 230 poin di tempat ketiga.