Baru-baru ini Volkswagen memperkenalkan mobil konsep I.D Crozz II di pameran otomotif internasional IAA, Frankfurt. Mobil listrik konsep bergenre crossover ini hadir dengan ban purwarupa rancangan khusus yang dibuat oleh Hankook Tire untuk crossover gerak empat roda tersebut.

Karet bundar ini memiliki fitur spesial dari ban konsep yang dipasangkan Hankook Tire pada I.D Crozz II. Tapak ban berbahan khusus tersebut mengadopsi sistem produksi cetakan panas otomatis seperti ban konvensional.

Biasanya pabrikan mengusung cara manual untuk proses pemotongan karet ban konsep. Proses ini cukup menyulitkan mirip seperti proses vulkanisir licin.

Ban konsep ini memiliki dimensi ukuran yang sesuai dengan ban konvensional yakni 245/45R21. Perbandingan diameter yang lebih besar dari lebarnya, menciptakan bentuk yang ramping dan tinggi. Hal ini menghasilkan koefisien hambatan yang lebih rendah saat bersentuhan dengan medan jalan, dibandingkan dengan dimensi ban konvensional, memberikan efisiensi energi optimal serta ketahanan gulir yang rendah.

Mr. Seung Hwa Suh, Vice Chairman & CEO Hankook Tire mengatakan, “Kami sangat senang bisa mengimplementasikan sebuah project bekerjasama dengan Volkswagen. Denganberkembangnya mobil listrik, permintaan terhadap ban juga akan berubah di masa depan. Konsep mobil listrik saat ini, menunjukan berbagai kemungkinan yang dapat terjadi nanti. Hankook Tire akan terus berusaha untuk memimpin inovasi berkendara di masa mendatang, melalui kolaborasi denganprodusen-produsen mobil ternama di dunia,”