Momen hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 lalu, pada 17 Agustus 2020, PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis sebuah edisi spesial dari Toyota Kijang, yakni Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited. Hanya dirilis sebanyak 2.000 unit, apa yang membuatnya begitu spesial?

Sesuai gelar TRD Sportivo yang diusungnya, Toyota Kijang Innova ini mengadopsi desain yang tegas cenderung ke arah sporty. Tambahan body kit atau add on dari produk Toyota Racing Development (TRD) terdapat pada bagian Front Bumper Spoiler, Front Grille Ornament, Rear Bumper Spoiler dan Side Skirt. Pelek pun berlapiskan warna hitam untuk mencerminkan kegarangan.

Varian ini tentu menjadi yang paling mahal diantara jajaran varian Toyota Kijang Innova yang sudah ada, yakni Tipe G, tipe V, Tipe Q dan Venturer. Satu hal yang perlu dicatat, Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited hanya menyediakan opsi bermesin diesel 2GD-FTV 2.4 liter Turbocharger dengan transmisi otomatik 6-percepatan.

Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM menyebutkan, varian Kijang Innova TRD Sportivo Limited ini memang ditujukan untuk pelanggan yang menyukai fungsionalitas MPV, namun ingin tampil sporty. Jumlahnya pun cukup terbatas, hanya 2.000 unit saja.

Kijang Innova TRD Sportivo Limited ini juga dilengkapi fitur pembersih udara atau Integrated Air Purifier(Car Ionizer) yang berfungsi untuk membersihkan udara di dalam kabin yang menghasilkan ion negatif sehingga kualitas udara di dalam kabin meningkat. Fitur ini juga dilengkapi dengan intelligence air quality control untuk menunjukkan kondisi kualitas udara di dalam kabin.

Integrated Air purifier (Car Ionizer) ini terintegrasi pada register A/C yang ada pada kabin kendaraan dan dapat bekerja secara otomatis maupun manual. Jika menggunakan mode otomatis, Integrated Air Purifier akan langsung bekerja ketika indikator menunjukkan terjadinya penurunan kualitas udara.