Satu abad kehadiran Mazda di industri otomotif dirayakan dengan dirilisnya beberapa unit spesial 100 tahun. Salah satunya yang terbaru adalah Mazda CX-3 yang mengusung identitas 100th Anniversary Special Edition.

Jumlahnya pun terbatas, hanya 70 unit saja. Itupun baru dirilis di Negeri Kangguru saja atau Australia dimana peminat Mazda banyak di negara tersebut.

Dilansir Carscoops, Mazda CX-3 100th Anniversary Special Edition ini memiliki beberapa perbedaan dibandingkan model versi standar. Interior dibalut dengan kulit berwarna burgundy, sandaran kepala hadir dengan emboss ‘100th Anniversary’, lencana eksterior yang dipesan lebih dahulu, tutup hub, karpet dan gantungan kunci juga merupakan bagian dari paket ubahan.

Mazda CX-3 juga menghadirkan Head Unit yang terintegrasi Apple CarPlay dan ponsel cerdas Android Auto, Deteksi Pejalan Kaki Malam Hari yang juga ditambahkan dengan Smart City Brake Support dan lampu depan senja yang lebih peka terhadap kondisi luar.

Ada beberapa varian di Australia, Maxx Sport dan Maxx Sport LE mendapatkan kaca spion auto-dimming, yang merupakan standar pada sTouring, Akari dan Akari LE. sTouring juga dilengkapi dengan High Beam Control dan Lane Departure Warning. Hal baru terakhir untuk tahun 2021 adalah lapisan cat eksterior Polymetal Grey Metallic.

Dibalik kap mesinnya, Mazda CX-3 100th Anniversary Special Edition ini masih mengandalkan power unit berbahan bakar bensin 2.000 cc SkyActiv-G, bertenaga 148 dk dan torsi 195 Nm yang disandingkan dengan pilihan transmisi manual enam percepatan atau transmisi otomatis enam percepatan.