Biasanya peluncuran model terbaru dari sebuah mobil bakal mempengaruhi harga jual bekas model sebelumnya. Nyatanya tidak demikian pada Toyota Avanza, meski model terbarunya sudah keluar pada tengah Januari lalu, harga Toyota Avanza bekas masih dinilai stabil.

Menurut Agung Iskandar, Direktur Marketing & CTX OLX Indonesia, berdasarkan pantauannya, harga jual  Avanza bekas masih cenderung stabil. Pihaknya masih belum meligar adanya perubahan yang signifikan di bursa mobil bekas OLX sejak Toyota Avanza model baru diluncurkan.

Data OLX menyebutkan harga jual Avanza menjadi salah satu yang paling stabil untuk kategori mobil bekas. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya minat dari calon pembeli terhadap mobil merek ini.

Salah satu marketplace penjualan mobil bekas terpopuler di tanah air ini juga mencatat bahwa Toyota Avanza menjadi mobil yang paling banyak dijual dan menjadi mobil yang paling banyak dicari, di OLX, sepanjang tahun 2018.

Kiranya hal ini merupakan hal yang wajar, mengingat populasi mobil ini telah berkembang menjadi jutaan unit setelah usianya mencapai 15 tahun. Meskipun pada kenyataannya Toyota Avanza hanya memberikan impresi berkendara yang ‘gitu-gitu’ saja, namun ketangguhan mobil keluarga tujuh penumpang ini patut diberikan dua jempol.

Henry Tanoto, Wakil Direktur PT Toyota Astra Motor saat peluncuran Toyota Avanza terbaru saat itu berujar, “Sejak pertama kali diluncurkan, sudah 1,7 juta unit hanya dalam 15 tahun. Angka ini tidak bisa dibilang sedikit, cukup besar. Kenapa bisa mencapai angka itu, karena saya rasa Avanza membuktikan sebagai mobil yang dirancang sesuai untuk masyarakat Indonesia,”.