Memasuki hari terakhir penyelenggaraan AutoPro Indonesia 2017, peserta pameran beri nilai positif terhadap respons pengunjung . Sejumlah peserta pameran pun mengakui sudah mengantungi calon rekanan bisnis.

Seperti yang diungkapkan oleh Kurniawan, Supervisor Autovision, komponen aftermarket lampu kendaraan yang mengaku telah mendapatkan reseller setelah pameran dibuka.
“Ada beberapa calon reseller untuk kami, dan kami juga melihat animo dari pengunjung cukup baik dan tentunya ini menguntungkan buat kami,” ujar Kurniawan.

Di ajang AutoPro ini, Autovision memang telah menyiapkan program yang berbeda bagi pasar retail dan reseller.

Hal senada juga diutarakan produsen dan distributor komponen aftermarket lainnya, antara lain produsen pelumas Evalube. Menurut Ivan Rastianto, Marketing Manager, beberapa pengunjung yang datang ke booth mereka menunjukkan ketertarikan untuk menggunakan produk mereka dalam jumlah besar.

“Memang tujuan kami mengikuti AutoPro ini adalah mencari konsumen potensial, baik yang akan langsung menggunakan produk kami secara fleet maupun distributor baru,” ujarnya.

Salah satu peserta AutoPro Indonesia 2017 lainnya, yaitu merek sistem audio Pioneer Juga melihat gelaran kali ini membantu melebarkan potensi perluasan pasar mereka. Seperti pernah diungkapkan sebelumnya, pihak Pioneer berharap dapat belajar banyak dari pameran B2B seperti ini untuk mengenal pasar OEM.

“Dengan adanya program seperti Buyers Tour, hal ini memberikan kesempatan kepada kami untuk menunjukkan produk-produk unggulan dan fitur-fitur canggih, seperti konektivitas dengan ponsel pintar yang kami miliki langsung kepada para pelaku bisnis, termasuk pihak Agen Pemegang Merek (APM),” ujar Max Adam Kamil, Head of Promotions Pioneer Indonesia.

Bukan hanya exhibitor asal Indonesia yang merasakan dampak positif dari AutoPro Indonesia, Karuna Canopies (IST Vietnam), produsen kanopi kendaraan asal Vietnam ini “Ini adalah kali pertama kami berpameran di Indonesia, Indonesia merupakan pasar yang besar untuk produk kami, dan di AutoPro kami mendapatkan kesempatan bertemu dengan beberapa potensial buyers,” Ujar Lars Verswyvel, Managing Director Karuna Canopies.

Sebelum mencoba masuk ke pasar Indonesia Karuna Canopies sudah lebih dulu dikenal di Malaysia, Vietnam, dan Belgia, sebagai OEM.

Sebagian besar peserta AutoPro Indonesia 2017 ini memang mengharapkan ajang pameran ini untuk mencari calon pembeli potensial sebagai rekan usaha mereka dan untuk melakukan kegiatan networking. Calon distributor baru, reseller ataupun pembelian dalam jumlah besar (fleet) adalah pasar yang ingin dijaring oleh mereka.

Meski begitu, beberapa merek tetap menawarkan paket menarik bagi konsumen yang datang ke AutoPro. Produsen ban GT Radial misalnya, selama AutoPro 2017 berlangsung, konsumen yang membeli ban mobil untuk semua tipe dan model diberikan potongan harga hingga 30 persen plus hadiah langsung.