Era kendaraan listrik telah datang. Berbagai produk kendaraan bertenaga listrik secara perlahan tapi pasti bermunculan di pasar. Seperti Harley-Davidson, pabrikan kuda besi Amerika Serikat (AS) ini telah meluncurkan LiveWire, sepeda motor bertenaga listrik pertamanya.

Diluncurkan di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2019 bulan lalu, HD Live Wire hadir di sela-sela jajaran produk V-Engine Harley-Davidson yang legendaris. Harga jualnya yang dibanderol $29.799 atau Rp 420 jutaan, membuatnya mirip-mirip dengan harga jual varian Sportster bikinan Thailand yang dijual di Indonesia.

Fokus pada pemaparan teknologi canggih terkait konektivitas berkendara. LiveWire berbekal HD Connect Service, Telematic Control Unit yang mendukung LTE (4G) dan disandingkan dengan ragam konektivitas serta layanan penyimpanan Cloud menggunakan aplikasi (app) pada smartphone.

Gampangnya, LiveWire mengirim data ke layanan Cloud dan pengguna bisa melihatnya dari smartphone. Fiturnya, bisa mengecek status baterai, perkiraan cakupan jarak dan mengecek lokasi. Bahkan sampai tahu kalau motor ada yang menggeser atau menyerempetnya ketika diparkir. Sementara fitur standar, bisa mengingatkan waktu untuk servis berkala dengan notifikasi pada aplikasi.

HD mengkalim LiveWire punya data akselerasi 0 sampai 100 km/jam hanya 3,5 detik, sementara daya jelajah motor listrik ini dapat 177 km. Kapasitas baterai dan spesifikasi motor elektriknya belum dipaparkan. Yang pasti, baterai LiveWire bisa diisi dengan colokan standar Level 1 dan butuh waktu semalam untuk mengisi penuh baterai. Sedang kalau ingin lebih cepat, pakai Level 2 atau 3 untuk fast charging.

Kendati demikian, meski ‘hanya’ bertenaga listrik, HD LiveWire dilengkapi dengan jajaran perangkat berperforma tinggi. Seperti  suspensi mono shock lansiran Showa yang bisa disetel, ban Michelin Sport, rem cakram Brembo, ABS dan kendali traksi.