Steve McQueen Harley Davidson

Klasik dan ikonik. Dua kata itulah yang tepat untuk menggambarkan Harley-Davidson X8E bekas Steve McQueen. Aktor film legendaris ini bahkan menggoreskan sebuah kenangan unik di salah satu bagian motor tua ini.

Harley-Davidson-X8E-16

Karena alasan di atas itulah jangan heran kala melihat tangki setengah warna dari X8E ini. Konon katanya, cat setengah hati ini dibuat McQueen kala sedang mabuk, bersama dengan rekan modifikatornya, Von Dutch. Para pria ini tiba-tiba kehilangan gairah untuk menyelesaikan sisi sebelah kiri dari tangki, akibatnya adalah warnanya yang tidak sama dengan keseluruhan motor.

Harley-Davidson-X8E-17

Namun hal itu tidak menjadikannya barang murahan. Sejatinya, Harley_Davidson X8E adalah satu-satunya varian yang dijual untuk model lansiran 1912. Huruf “X” ditujukan untuk kopling roda belakang, sementara “E” sendiri untuk sistem rantai yang pertama kali digunakan oleh Harley-Davidson.

Harley-Davidson-X8E-18

Kelebihan lainnya yang dimiliki X8E di masa tersebut adalah desainnya yang nyaman. Dengan rangka yang rendah, pusat gravitasi jelas akan turun. Berkombinasi dengan penggunaan pegas pasa jok, menambah kenyamanan pengendara di jalanannya yang berlubang dan tidak rata.

Harley-Davidson-X8E-15

Setiap X8E dibekali oleh mesin V-Twin Harley-Davidson berkapasitas 988.5cc yang berkekuatan8dk pada kompresi penuh. Motor yang digunakan McQueen ini adalah model 1912 akhir yang memiliki kapasitas mesin lebih besar. X8E dari masa-masa awal 1912 masih menggunakan V-twin 49 kubik yang lebih kecil.

tumblr_nh5g6qTvln1qa5j2wo4_1280

Steve McQueen sempat memiliki motor ini selama bertahun-tahun, selanjutnya motor ini dijual di  1984  dan dimiliki secara pribadi. Kini, motor dimaksud akan dilelangan oleh Bonhams di Las Vegas Motorcycle Auction 8 Januari 2015. Diperkirakan, harganya bakal mencapai US$ 120 ribu atau sekitar satu milyar rupiah.