Setelah sempat digaungkan pada Juni 2017, secara resmi, Minggu, 24 September 2017, bertempat di Jenja, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, dilakukan perubahan nama Harley Owners Group (H.O.G) Jakarta Chapter menjadi Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia.

Perubahan ini mengacu pada aturan main komunitas resmi motor Harley-Davidson yang ditetapkan Harley Davidson Motor Company atau HDMC.

Sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh HDMC, H.O.G dapat terus eksis mengacu pada H.O.G Internasional. Namun dikarenakan ada empat dealer resmi Harley-Davidson di Indonesia, dengan dua di antaranya berada di Jakarta, maka nama H.O.G Jakarta Chapter tak dapat lagi digunakan.

“H.O.G Jakarta Chapter berkesinambungan dengan H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. Apapun yang ada di H.O.G Jakarta Chapter adalah H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter. Demikian juga sebaliknya. Semoga Anak Elang ke depannya sayapnya makin lebar, terbang makin tinggi, dan semua member merasakan kebahagiaannya,” kata Suherli, Director H.O.G Jakarta Chapter. H.O.G

H.O.G JC awalnya berdiri di bawah Dealer Harley-Davidson sebelumnya, yaitu Mabua Harley-Davidson. Namun ketika Mabua Harley-Davidson tutup pada sekitar tahun 2015, otomatis H.O.G tidak lagi memiliki naungan.

“Saat itu, mengikuti peraturan yang berlaku dari Harley-Davidson Motor Company, H.O.G Jakarta Chapter harus segera memutuskan untuk mencari dealer partner yang baru. Apalagi HDMC memutuskan untuk tidak memperpanjang registrasi H.O.G JC di HDMC,” tutur Sahat Manalu, Director H.O.G Jakarta Chapter selama dua periode yaitu sejak tahun 2013 hingga 2017.

Otomatis sejak tutupnya Mabua Harley-Davidson, H.O.G JC tak lagi dapat berhubungan dengan HDMC. Pasalnya, komunikasi hanya dapat dilakukan via dealer resmi.

Lebih dari 520 motor besar tampak memadati lokasi acara. Para biker ini berasal dari berbagai klub motor seperti dari Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI), Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI), Motor Besar Club (MBC), Bikers Brotherhood MC (BBMC), Harley Davidson Pantai Mutiara (HDPM), Meddocs, Police Owners Group (POG), Sportster Indonesia, Pangpolers, Bikers Muslim, dan lain-lain.

Tak banyak masyarakat yang tahu bahwa H.O.G bukanlah sembarang grup. “Yang dinamakan Harley Owners Group adalah klub yang hanya bisa berdiri di bawah Dealer resmi Harley-Davidson,” kata Suherli.

H.O.G tidak bisa serta merta didirikan. H.O.G sendiri adalah milik Harley Davidson Motor Company atau HDMC. “Hanya melalui dealer lah, H.O.G dari setiap negara berkomunikasi dengan HDMC, serta anggotanya otomatis tercatat sebagai member H.O.G internasional,” jelasnya lagi.