PT Honda Prospect Motor kembali mengadakan ajang balap Honda Brio Speed Challenge (HBSC) yang telah memasuki seri kedua pada tanggal 7 Juli 2019 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Pertama kalinya menggunakan mobil All New Honda Brio musim ini, M. Rizky Abdullah berhasil keluar sebagai juara di kelas Rookie.

Sempat berdiri di posisi ketiga pada seri pertama, M. Rizky Abdullah yang mewakili tim Bank BJB Delta Garage Racing kini berhasil melesat naik ke podium tertinggi sebagai juara pertama setelah menyelesaikan lomba dengan total waktu 22 menit 6 detik. Sementara itu, Catra Chrisandi dari tim Banteng Motor Sport menduduki posisi kedua dan M. Hari Widdodo di posisi ketiga.

Sedangkan di kelas Promotion, M. Aqsha Amato Rudolph (Privateer) berhasil menyabet juara pertama yang disusul dengan Reyno Romein perwakilan dari tim Bank BJB Delta Garage Racing, dan posisi ketiga diperoleh oleh Rio R. Bramantio dari tim Bank BJB B16 Apspeed.

Pada hari yang sama, Honda kembali menggelar Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) yang juga memasuki seri kedua. Pada kelas Master, Zharfan Rahmadi kembali menjadi juara pertama dari tim Banteng Motor Sport yang disusul oleh Firmansyah Saksono perwakilan dari tim S Racing dan diikuti oleh M. Ferrel Fadhil (Privateer).

Selain itu, kelas Promotion berhasil dipimpin oleh M. Luthfi Aziz dari tim Honda Bandung Center, diikuti oleh M. Nabil Daniswara perwakilan tim MBG Racing dan pada posisi ketiga berhasil diduduki oleh Irvan Fauzie (Privateer).

Pada kelas Rising Star, Hendra Bonank (Privateer) unggul setelah meraih juara pertama, sedangkan posisi kedua diduduki oleh Annis Badro’uf (Privateer) dan disusul oleh Radityo Mahendra (Privateer) di posisi ketiga.

Mengenai hasil balap HJSC dan HBSC seri kedua tahun ini, Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Ajang Honda Jazz Speed Challenge dan Honda Brio Speed Challenge pada musim ini semakin populer sekaligus kompetitif dilihat dari jumlah peserta maupun persaingan antar pembalap. Terlebih para pembalap pemula di ajang balap Honda Brio yang juga telah menunjukkan kemampuannya untuk bersaing yang juga didukung performa mesin yang sangat bertenaga.”

Selain ajang balap HJSC & HBSC, Honda melalui tim Honda Racing Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam kejuaraan balap Indonesia Touring Car Championsip (ITCR) kelas 1.600 Max dan 1.500 cc dimana pada seri kedua ini, Alvin Bahar dan Rio SB masing-masing berhasil finis kedua.

Kompetisi balap HJSC dan HBSC yang diikuti oleh 36 peserta pada tahun ini memiliki hadiah total diatas Rp 700 juta. Honda Racing Indonesia membuat peraturan baru untuk mendukung ajang balap yang lebih kompetitif, dimana setiap pembalap yang berhasil menjadi juara umum atau minimal meraih juara pertama hingga tiga kali dalam setahun berhak untuk naik ke kelas diatasnya pada musim balap tahun depan. Selain itu, khusus untuk pembalap yang telah meraih juara umum di musim sebelumnya akan mendapat pemberat sebesar 75 kg pada musim balap selanjutnya.