Badak Jawa (Rhinoceros Sondaicus) yang memliki ciri khas satu cula, merupakan species satwa yang dilindungi dan berstatus terancam punah (critically endangered species). Saat ini, hanya 67 ekor Badak Jawa yang tercatat masih hidup di Taman Nasional Ujung Kulon, satu-satunya habitat tempat tinggal Badak Jawa di seluruh dunia.

Sebagai upaya dalam konservasi menjaga kelestarian Badak Jawa, Hino Indonesia menggandeng WWF Indonesia ikut andil dalam melindungi populasi satwa yang menjadi harta kekayaan dunia ini dari keterancaman punah lewat pemberian 15 unit camera trip kepda pengelola konservasi. Penyerahan secara simbolis tersebut dilakukan oleh Mr. Kazushi Ehara, Presiden Direktur PT Hino Motors Manufacturing Indonesia kepada Bapak Suhandri, Direktur Regional Sumatera Ujung Kulon (SUMON) WWF – Indonesia di Desa Kertamukti, Kecamatan Sumur, Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat pada tanggal 30 Maret 2018.

Terancamnya populasi Badak Jawa disebabkan oleh beberapa faktor seperti penurunan kualitas genetic karena populasi yang kecil dan tunggal, ancaman wabah penyakit, ancaman terhadap kesediaan pangan, persaingan ruang dan pakan dengan banteng, habitat yang rentan dengan bencana alam dan perburuan. Di samping pemberian camera trap, program Corporate Social Responsibility (CSR) Hino Indonesia meliputi kegiatan monitoring dan studi bagi peneliti di lokasi.

“Badak Jawa ini merupakan salah satu kekayaan nasional Indonesia yang populasinya sangat sedikit yang harus dilestarikan habitatnya. Pemberian Camera Trap ini diharapkan dapat mendukung konservasi badak jawa melalui WWF – Indonesia,” ujar Ehara dalam kata sambutannya.

Camera Trap Hino Indonesia akan dipasang di wilayah bagian Barat Pegunungan Honje yang belum pernah terdata sebelumnya untuk mengetahui kehadiran populasi dan sebaran badak di wilayah tersebut. Terdapat kesaksian warga yang menyatakan bahwa mereka pernah melihat adanya jejak dan kotoran badak di wilayah tersebut sehingga perlu dilakukan penelitian. Pemberian camera trap ini diharapkan dapat membantu WWF – Indonesia dalam melakukan kegiatan konservasi Badak Jawa.