Sebagai salah satu diler resmi Hino, PT. Hibaindo Armada Motor (HAM) terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi konsumennya. Salah satunya dengan meresmikan fasilitas tempat pengujian kendaraan bermotor swasta oleh Kementerian Perhubungan.

Fasilitas pengujian kendaraan bermotor atau KIR (dalam bahasa Belanda KEUR) milik HAM adalah yang pertama dan satu – satunya di Indonesia milik swasta. Tempat pengujian KIR ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam penyedian fasilitas KIR untuk mengetahui apakah kendaraan sesuai regulasi.

Bertempat di dealer Hino HAM Cakung, Jl. Raya Bekasi Timur Km. 22 Cakung, Jakarta Timur. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi meresmikan langsung tempat pengujian KIR ini, dan turut hadir Direktur Jendral Perhubungan Darat, Pudji Hartanto, CEO Hiba Group – Jacobus Irawan, Direktur HAM – Trysie Mokoagouw, Direktur Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) – Santiko Wardoyo, dan jajaran Kementrian Perhubungan.

Jacobus Irawan mengatakan, kami bangga Hiba Group, menjadi yang pertama dan satu – satunya di Indonesia yang dipercaya oleh pemerintah menjalankan uji KIR swasta. Dan yang paling penting dengan fasilitas uji KIR ini, kami senang dapat membantu pemerintah dalam melayani masyarakat untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan nyaman untuk dikendarai”.

Fasilitas uji kelayakan kendaraan milik HAM melayani perpanjangan KIR kendaraan yang sudah melakukan KIR pertama di tempat pengujian kendaraan bermotor milik pemerintah. Ditempat ini terdapat 1 orang penyelia dari Dinas Perhubungan, 2 orang penguji dari Dinas Perhubungan dan 3 orang penguji dari HAM selain itu untuk mempercepat proses transaksi, HAM juga bekerjasama dengan Bank DKI dimana tersedia loket dan petugas yang berjaga di lokasi uji kir ini.

Fasilitas yang menelan biaya investasi sebesar 5 milyar rupiah ini kedepannya direncanakan akan melayani kendaraan umum seperti bus, truk, taksi hingga taksi online.

Setiap kendaraan yang melakukan uji KIR di diler Hino HAM Cakung diawali melakukan pendaftaran di counter service advisor, selanjutnya akan melewati proses seperti uji visual pertama tentang kondisi fisik kendaraan, noise test guna mengukur kebisingan kendaraan, emisi tes untuk mengukur emisi gas buang, load test untuk mengukur beban kendaraan, brake test guna mengukur fungsi pengereman, speed test mengukur kecepatan, pengujian lampu utama, side slip, uji kuncup roda depan dan uji visual 2 untuk mengecek kondisi fisik di bagian bawah kendaraan seperti gardan, propeller shaft, kaki-kaki, dan bagian lainnya.

Setiap kendaraan yang telah selesai dan lulus akan mendapatkan buku uji, plat uji, dan stiker tanda samping, sedangkan kendaraan (khususnya merk Hino) yang gagal dalam pengujian dapat langsung diperbaiki oleh mekanik di bengkel resmi Hino HAM yang letaknya bersebelahan dengan alur pengujian, sehingga kendaraan yang telah diperbaiki dapat langsung kembali melakukan uji kir ulang dengan tujuan untuk menghemat waktu dan selesai pada hari yang sama.

Pelayanan uji kir dan bengkel perbaikan dalam satu atap ini (One Stop Services) diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kendaraan milik customer.