Persaingan di Dakar Rally 2020 sudah dimulai sejak 5 Januari. Pada hari pertama para kontestan sebanyak 46 tim untuk kategori truk, melaju sejauh 319 km antara Jeddah dan Al Wajh di sepanjang Laut Merah. Special stage (SS) dimulai dengan jalan berliku di daerah intermountain dan bergeser ke bukit pasir yang kecil.

Pada paruh kedua, kontestan dihadapkan pada area terbuka yang luas, dengan penggunaan ban baru menimbulkan tantangan yang kompleks bagi para navigator. Tingkat kesulitan di race pertama relatif tinggi, karena risiko tusukan oleh banyak batu yang terkubur tersembunyi di medan berpasir.

Hino Team Sugawara yang merupakan satu – satunya kendaraan asal Jepang di kategori truk, menurunkan dua tim dalam Dakar Rally 2020. Team Hino Sugawara berlaga di Dakar Rally tahun ini hadir dengan komposisi baru. Teruhito Sugawara kini mengambil alih posisi direktur tim dari sang ayah, Yoshimasa Sugawara (77 tahun) yang telah mengumumkan pensiun di ajang Dakar Rally tahun lalu, setelah 37 tahun mengikuti lomba ini. Kini Teruhito memiliki pekerjaan rangkap sebagai pembalap dan top manajemen tim.

Kedua truk Hino Team Sugawara memulai dengan awal yang baik, dimana tim pertama yang dikemudikan oleh Teruhito Sugawara, beserta dua navigator Hirokazu Somemiya dan Yuji Mochizuki menyelesaikan balapan di posisi ke-13 di kategori overall trucks, dan tim kedua yang dikemudikan oleh Ikuo Hanawa, dan dua navigator Yudai Hanawa, dan Mayumi Kezuka berada di urutan ke-19 di special stage (SS) pertama.

Dalam sebuah pernyataannya di sela kompetisi Dakar Rally 2020, Teruhito Sugawara mengungkapkan, menabrak batu di paruh pertama, dan ban kanan depan tertusuk, setelah itu balapan berjalan lancar dan truk berhasil mencapai garis finish setelah melewati medan yang berat dan baru.