Honda akhirnya resmi melakukan Ekspor untuk All New Brio ke dua negara di Asia Tenggara. Filipina dan Vietnam jadi negara tujuan ekspor perdana city car buatan Karawang, Jawa Barat ini secara utuh ke dua negara tetangga tersebut.

Dirakit di fasilitas produksi PT Honda Prospect Motor di Karawang, Jawa Barat, All New Honda Brio yang telah mengandung konten TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) mencapai 89% ini dipersiapkan untuk menghadapi kondisi lalu lintas di negara tujuan ekspor. Pada dasarnya All New Honda Brio yang diproduksi untuk pasar lokal dan pasar ekspor, nyaris tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Honda sendiri menyebut, ekspor perdana dengan tujuan negara Filipina dan Vietnam ini memiliki nilai hingga Rp 1 triliun untuk tahap awal. Setelah Filipina dan Vietnam, Honda juga akan menambah lagi daerah tujuan ekspornya seiring kebutuhan pasar.

Seremoni peluncuran perdana All New Honda Brio ini dilakukan di fasilitas produksinya di Karawang, Jawa Barat. Acara ini juga turut dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto dan jajaran Board of Director PT Honda Prospect Motor.

Dalam sambutannya, Menteri Perindustrian menyampaikan kebanggaannya atas apa yang dilakukan PT Honda Prospect Motor. “Hal ini tentunya merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi industri otomotif nasional maupun kita semua. Ini adalah bukti kalau produk kita (Indonesia) bisa diterima dengan baik oleh negara lain,” jelas Airlangga Hartarto.

PT Honda Prospect Motor menargetkan hingga 2021 mendatang pihaknya bakal mengekspor sejumlah kendaraan dengan nilai mencapai Rp 25,5 triliun.