Era electric motorcycle tampaknya sudah semakin nyata dan berkembang dengan pesatnya. Beberapa produsen motor listrik telah meluncurkan jagoannya masing-masing. Berbagai macam tampilan mulai dari desain yang futuristis hingga yang klasik tampak bersaing untuk memikat hati para bikers. Meskipun belum seramai mobil listrik, keberadaan dan penggunaan motor listrik tampaknya mulai menjadi trend di dunia.

Electric-Custom-Motorcycle-4

Trend ini rupanya juga menginspirasi Joe Fischer dan Ryan Mischkulnig, duo customizer dari Melbourne, Australia untuk memodifikasi motor listrik dengan basis Honda Cub C90.

Duo Joe dan Ryan memilih motor listrik berikut sistem baterainya dari sepeda listrik H-52 Hurricane. Salah satu alasannya adalah karena Joe merupakan insinyur di Stealth Electric Bikes, perusahaan pembuat sepeda listrik H-52 Hurricane.

Electric-Custom-Motorcycle-15

Proses modifikasi Honda Cub ini diawali dengan mengelupas seluruh cat yang ada serta melepas semua bagian mesin dan seluruh perlengkapan pendukungnya dari rangka. Setelah itu, sumber tenaga berupa hub motor listrik 5.2kW – yang di klaim mampu mencapai kecepatan maksimal 80km/jam – dipasang di roda belakang Honda Cub ini. Tak lupa diikuti dengan pemasangan baterai 1.5kWhLiFePO4 yang disebutkan mampu menempuh jarak 45 – 55 km setelah di-charge selama 2 jam.

Electric-Custom-Motorcycle-17

Tampilan minimalis menjadi pilihan Joe dan Ryan dalam mendandani motor ini. Beberapa aksen pendukung seperti handlebar model moustache yang di-customized dari sepeda wanita, lampu depan merk Marshall, jok dari busa matras yang dibalut bahan jaket kulit serta penggunaan pipa tembaga yang mendominasi sektor haluan semakin menegaskan kesan minimalis namun terlihat sangat cathcy. Serunya, seluruh proses pengerjaan custom Honda C90 electric ini hanya memakan waktu sekitar 5 minggu.

Electric-Custom-Motorcycle-9

Well, hasil modifikasi Joe dan Ryan pada Honda C90 electric ini sekaligus membuktikan bahwa tampilan minimalis juga mampu memberikan hasil maksimal. Gelar juara 1 di ajang Deus Bike Off 2015 di Sydney menjadi bukti bahwa less is more.

All images courtesy of David / Chop Shot – Website | Instagram