Honda City generasi terbaru resmi meluncur di Thailand. Sedan kecil yang cukup laris di Indonesia ini lahir dari platform baru untuk pasar Asia.

Digadang-gadang generasi terbaru dari Honda City ini akan hadir dalam versi hatchback untuk menggantikan Honda Fit/Jazz generasi terbaru yang hanya akan dipasarkan di negara Jepang dan Eropa saja. Desas-desus tersebut makin kuat setelah banyaknya gambar desain Honda City hatchback di internet sejak peluncurannya.

Dilansir dari beberapa media asing, Honda City generasi terbaru memiliki kode 5D atau identifikasi dari 5 Door. Sebutan 5 Door biasanya melekat pada model hatchback seperti yang pernah dilakukan Honda sebelum peluncuran resmi Hodna Fit/Jazz generasi terbarunya.

Di negara asal produksinya, Thailand, Honda City masih tetap akan mengusung mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas 1.5 liter i-VTEC. Besar kemungkinan mesin L15 yang selama ini digunakan Honda untuk mengisi ruang mesin Fit/Jazz dan City di generasi sebelumnya masih terpakai. Mesin ramah lingkungan dengan sentuhan Earth Dreams Technology ini dinilai sangat reliable untuk negara beriklim tropis seperti Asia Tenggara.

Soal penggantian Honda Jazz generasi terbaru di tanah air yang menggunakan basis Honda City pun juga masih belum terungkap secara nyata oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Agen Pemegang Merek Honda di tanah air yang diwakili oleh petingginya, Jusak Billy selaku Business Inovation and Sales Marketing Director HPM menyebutkan pihaknya masih melakukan studi soal generasi penerus Honda Jazz di tanah air.

Di Indonesia, Honda Jazz telah lahir selama tiga generasi sejak 2004 lalu. Honda Jazz telah menjadi hatchback mungil paling laris di segmennya sejak pertama kali kemunculannya. Desain yang sporti, efisien serta memiliki daya tahan yang mumpuni membuat mobil ini menjadi salah satu mobilyang diburu oleh konsumen tanah air.