Honda dikabarkan sedang menyiapkan Honda Civic Diesel yang rencananya meluncur ke pasar Eropa pada Maret 2018. Mesin yang dipakai sepenuhnya unit baru yang diklaim mampu menggabungkan efisiensi bahan bakar dan performa.

Menurut siaran pers Honda UK, minggu lalu (16/8) Honda Civic Diesel akan ditopang mesin 1.6 i-DTEC bertenaga puncak 20 PS/4.000 rpm dan torsi 300 Nm/2.000 rpm. Sedangkan, transmisinya, otomatis 9-percepatan.

Sebagai gambaran terhadap performanya, mesin tersebut bisa membawa Honda Civic melaju 0-100 km perjam dalam waktu 10,4 detik.

Terdapat sejumlah pengambangan di mesin baru tersebut. Salah satunya pengurangan friksi gesekan di dalam silinder berkat penggunaan piston dengan material chromium-molybdebnum steel alloy. Sejumlah rekayasa pun dilakukan biar gerakan piston turut kian mulus.

Honda Civic Diesel

Selebihnya, mesin masih menggunakan sistem injeksi bahan bakar Bosch. Keunggulan lain yang dibawa mesin Honda Civic diesel adalah turbo efisiensi tinggi.

Mesin Honda Civic Diesel menjadi salah satu mesin yang telah melewati rangkaian tes Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP) dan prosedur Real Driving Emission (RDE). Gunanya memastikan mesin Honda Civic Diesel lulus segalar aturan terbaru soal emisi gas buang.