Pada gelaran Autopro Indonesia 2017 lalu, National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) menggelar sebuah gelaran kontes bertajuk Top 30 Modified Cars.Pihak penyelenggara mencari satu mobil terbaik dari 30 mobil peserta kontestan yang hadir dalam pameran selama tiga hari mulai 23-25 Februari 2017 lalu di Jakarta Convention Centre (JCC) Senayan.

Tentu ini merupakan sebuah keputusan yang sulit bagi dewan juri yang berasal dari NMAA tersebut. Pasalnya ke-30 mobil yang menjadi peserta kontes, semuanya telah dimodifikasi menggunakan komponen aftermarket yang dinilai sangat proper di kelasnya.

Namun gelar ‘Ultimate Builder’ tetap harus diberikan kepada salah satu peserta kontes dengan hasil modifikasi terbaik. Disebut terbaik mengingat seluruh aspek penilaian meliputi eksterior, interior, mesin hingga persentase penggunaan komponen aftermarket dalam negeri yang diaplikasikan pada mobil kontestan tersebut.

Di hari terakhir pameran, NMAA mengumumkan peraih gelar ‘Ultimate Builder’ Top 30 Modified Cars di pameran Autopro Indonesia 2017. Gelar juara jatuh kepada Honda Civic EF Nouva berkelir hijau yang telah dimodifikasi oleh Ricky Dianto.

Ted Diesta, Steering Commite Top 30 Modified Cars menyebutkan, mobil tersebut memiliki semua karakter yang ditentukan oleh NMAA, seperti layak jalan, memiliki konsep, pengerjaan yang rapih, serta semua komponen modifikasi aftermarketnya berasal dari Indonesia.

“Jadi di antara semuanya, Civic Nouva yang menjadi pemenangnya. Semua kriteria yang kami targketkan, dimiliki oleh mobil itu,” ujar Ted Diesta.

Sementara Ricky sangat senang bisa menjadi yang terbaik di Top 30 Modified Cars. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak penyelenggara, dan diharapkan kontes NMAA ini bisa semakin berkembang ke depannya,” kata Ricky.

Hatchback dua pintu yang menjadi kegemaran anak muda generasi 1990-an tersebut telah berganti mesin Honda K20A yang dicomot dari jantung Honda Civic Type R. Selain berusia jauh lebih muda, mesin tersebut juga dikenal memiliki keluaran tenaga yang buas dengan teknologi katup DOHC i-VTEC dengan sistem bahan bakar injeksi.

Di bagian atap Civic EF, seluruhnya telah berganti dengan bahan karbon yang lebih ringan. Menurut catatan kami, pengerjaan penggantian bahan pelat besi menjadi karbon Kevlar dilakukan oleh pemodifikasi lokal tanah air.