Honda Civic Hatchback kini punya varian baru beridentitas RS yang dijual resmi di Indonesia. Sedan tanpa buritan tersebut dijual seharga Rp 499 juta (on the road) Jakarta sejak peluncurannya pada Kamis (6/2) di Jakarta.

Lantas siapakah konsumen dari Honda Civic Hatchback RS ini di Indonesia?

Menurut Yusak Billy, Business Innovation and  Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Honda adalah brand yang sangat populer di segmen Hatchback yang didukung model seperti Honda Brio dan Honda Jazz dengan varian RS-nya yang sangat digemari konsumen. Kehadiran Civic Hatchback sendiri memberikan pilihan bagi konsumen ‘Step Up’ dari Honda Jazz yang menginginkan sebuah mobil yang lebih sporty, stylish sekaligus mempunyai ‘brand image’ yang sudah sangat ikonik.

Memang benar adanya, Civic bermodel hatchback merupakan sebuah heritage kebanggaan dari Honda sejak dahulu kala. Di setiap generasi Civic yang hadir sejak 1976 silam, seluruhnya memiliki model body hatchback yang sporty sebagai pilihan bagi konsumennya.

Bahkan, saat seseorang mengatakan Honda Civic, umumnya terlintas di benak kita adalah deretan Honda Civic bermodel hatchback yang masing-masing pernah merajai pamor kendaraan model serupa di zamannya. Semisal Honda Civic Wonder SB3, Honda Civic Nouva SH3, Honda Civic Estilo SR3 hingga Honda Civic Type R edisi pertama berkode EK9.

Di Indonesia, Honda Civic Hatchback RS hadir dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl. Hatchback seksi ini dibanderol dengan harga Rp 499 juta (on the road) Jakarta.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017 sampai akhir 2019, tercatat sebanyak 5.232 unit Honda Civic Hatchback telah terjual di Indonesia. Sepanjang tahun 2019, Honda Civic Hatchback mengumpulkan penjualan sebanyak 1.579 unit, dengan pangsa pasar 5% di segmen Hatchback. Model ini juga berada di segmen yang sama dengan Honda Jazz yang menjadi market leader dengan pangsa pasar mencapai 40%.