Bathrust adalah sebuah wilayah di New South Wales, Australia yang terkenal akan Sirkuit Mount Panorama-nya. Ditempat ini, balap-balap legendaris touring car, balap ketahanan hingga balap motor menjadi agenda langganan salah satu sirkuit ikonik Australia tersebut.

Kali ini, Honda Australia menggelar sebuah kompetisi pemecahan waktu atau Time Attack yang terinspirasi dari hajatan Type R Challenge yang biasa digelar di benua biru, Eropa. Konsepnya serupa, yakni pemecahan waktu di lintasan tertutup atau sirkuit dengan menggunakan sebuah Honda Civic Type R berspesifikasi standar pabrikan.

Jenson Button juara dunia Formula One 2009, juara Super GT Series 2018 sekaligus sebagai brand ambassador Honda Civic Type R, telah memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix tahun 2011 lalu. Kini didalam kabin Honda Civic Type R FK8R terbaru,  ia berhasil catatkan waktu 2:35,207 di tempat yang sama.

Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi Type R Challenge 2018, dimana tim Honda yang terdiri dari lima pembalap masing-masing memecahkan rekor lap time menggunakan Honda Civic Type R berspesifikasi standar pada berbagai trek legendaris Eropa. Rekor tersebut memecahkan rekor kecepatan yang sebelumnya dipegang oleh Civic Type R generasi terdahulu.

“Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu sirkuit balap Australia, sehingga menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia untuk mengikuti tantangan time attack di sirkuit ini bersama Civic Type R, terutama dengan Jenson dibalik kemudi,” ujar Stephen Collins, Direktur Honda Australia.

Mount Panorama telah dikenal sebagai tempat perhelatan balap motor Bathrust 1000 setiap bulan Oktober. Trek tersebut sangat menantang bagi setiap pengendara, yang sebenarnya adalah sirkuit jalanan karena biasa digunakan sebagai jalan umum selama 350 hari setahun saat tidak ada balapan yang digelar. Sirkuit Mount Panorama memiliki panjang 6.213 km dengan 23 tikungan dan selisih 174 meter dari titik terendah hingga tertinggi, serta tingkat kecuraman 1:6 atau lebih dari 16%.