Ini adalah kali pertamanya Honda sebagai pabrikan mobil dan Agen Pemegang Merek (APM) di Indonesia menggelar ajang kumpul komunitas pengguna mobil Honda terbesar di tanah air. Bertajuk Honda Fastival 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) menggelar hajatan ini di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Minggu (13/5).

Dihadiri oleh lebih dari 3.000 mobil Honda dari berbagai varian dan tahun produksi, Honda Fastival juga mencatat ada 24 komunitas pengguna Honda yang hadir dari berbagai wilayah di Pulau Jawa.  Ajang Honda Fastival dibagi menjadi beberapa zona aktivitas, mulai dari balapan, modifikasi, aktivitas sosial, hingga apresiasi terhadap konsumen loyal Honda.

“Zona Racing” dirancang untuk para pencinta kecepatan dan mereka yang ingin membuktikan skill dan mengadu performa mobilnya. Di zona ini, para pengunjung dapat berkompetisi di beberapa jenis balapan, seperti  Go Kart, Slalom, hingga Drag Race.

Pada lomba Drag Race, setiap peserta akan beradu kecepatan di trek lurus sejauh 100 m2 untuk memperebutkan gelar juara di 6 kategori. Sedangkan di kompetisi Slalom, para peserta juga dapat menunjukkan kemampuannya bermanuver dalam waktu singkat untuk meraih juara di 6 kategori. Tak hanya itu, untuk pengunjung yang baru pertama kali mencoba balapan juga dapat mengikuti lomba Go Kart untuk bersaing meraih lap time terbaik.

Di “Zona Experience”, pengunjung dapat merasakan langsung sensasi mengendarai Honda Civic Type R melalui kompetisi balap virtual reality yang didukung motion simulator, serta mencoba mengendarai Honda NSX melalui kacamata VR.  Di zona ini, Honda juga membawa teknologi mobilitas terbarunya yaitu Honda UNI-CUB β, yang dapat dicoba langsung oleh pengunjung.

Sedangkan untuk menggalakkan keselamatan berkendara, Honda juga menampilkan “Zona Safety” yang menampilkan berbagai teknologi dan inisiatif keselamatan berkendara dari Honda. Pada ajang ini, Honda juga mencanangkan kampanye “Safety Starts with Honda” dengan mengajak para pengunjung untuk berkomitmen berkendara yang aman di jalan.

Di ajang Honda Fastival, Honda juga mengajak keterlibatan komunitas khususnya di “Zona Komunitas”. Di area ini, berbagai komunitas Honda menampilkan mobil klasik Honda dan jajaran mobil terunik yang menjadi maskot dari setiap komunitas.

Pada kesempatan ini, Honda bersama para komunitasnya juga melakukan aktivitas sosial dengan mengumpulkan buku dan alat tulis untuk kebutuhan sekolah anak-anak yang membutuhkan. Sumbangan ini berasal dari anggota seluruh komunitas Honda yang terlibat di acara Honda Fastival.

Takehiro Watanabe selaku President Director PT Honda Prospect Motor mengungkapkan kesannya dalam acara Honda Fastival, “Acara ini adalah bentuk apresiasi kami terhadap konsumen, komunitas maupun penggemar mobil Honda. Keberadaan komunitas penting sebagai salah satu konsumen loyal kami, sekaligus menunjukkan bahwa produk Honda telah diterima dengan baik di Indonesia,”