Honda Jazz RS 2017: Passionate Yet Beautiful

Saat ini daya tarik seorang perempuan bukan lagi hanya diukur dari parasnya, melainkan juga kecerdasan. Dan hal itu juga berlaku bila dikaitkan dengan pilihan kendaraan. Dari pengamatan saya, saat ini wanita di kota besar punya aktivitas beragam. Kesehariannya bukan hanya diisi urusan kantor, meeting, dan jerih payah lain dalam usaha menambah omset bisnisnya. Di samping itu, upaya menjaga kualitas hidup dengan cara berolahraga seperti nge-gym sudah menjadi rutinitas yang jamak dijalani perempuan modern.

Buat saya pribadi yang merupakan seorang pria, ada rasa takjub melihat energi mereka yang seolah tak ada habisnya. Saya punya teman perempuan di kantor yang hampir setiap hari datang tepat pukul sembilan pagi. Tiba ke kantor bukanlah aktivitas pertamanya hari itu.

Ia mengaku, bahkan sebelum matahari muncul sempurna ia sudah mengarahkan mobilnya ke pusat kebugaran. Padahal pada siang hari ia harus menghadiri meeting penting dan semua itu dijalaninya dengan penuh semangat.

Bawaannya tak sedikit. Di samping harus menenteng laptop dan purse, di pundaknya ada gym bag yang ukurannya cukup besar. Bahkan, ia pernah bercerita bawaannya masih mungkin bertambah bila sepulang kerja menyempatkan diri mampir ke pusat perbelanjaan.

Sebagai penulis otomotif, wajar jika pikiran saya terpantik memikirkan mobil yang cocok buatnya. Sosok yang dinamis dan punya kebutuhan mobilitas tinggi beserta kargo yang tak sedikit.


Secara umum syaratnya adalah mobil tersebut harus punya desain keren agar selaras dengan penampilan profesionalnya yang trendi. Kemudian, mudah dipakai untuk mengangkut banyak barang. Gampang dikemudikan. Setelah itu barulah punya performa yang tak memalukan.

Dari banyaknya mobil baru yang ada di Indonesia, kami melihat Honda Jazz RS 2017 memenuhi semua kriteria tersebut. Dimulai dari desainnya, Honda Jazz adalah salah satu mobil yang akan membuat Anda terlihat selalu muda. Sektor eksteriornya baru saja menerima pembaruan pada model ini.

Contohnya, kini terdapat DRL (Daytime Running Light) yang menyatu dengan lampu utama. Komponen penerangan bisa dibilang ada kemajuan karena semuanya sudah menggunakan LED. Sedangkan, grille dibuat dengan desain tiga dimensi.

Menariknya, pada sisi yang sama Honda Jazz RS 2017 menyuguhkan gaya sporti. Penilaian ini berdasarkan rupa lower grille yang sekarang punya tekukan-tekukan terkesan lebih agresif. Warnanya dibuat hitam dengan pola karbon.Menurut kami sentuhan ini cukup berhasil membuat Jazz RS terbaru keliatan lebih bergairah.

Sedangkan di bagian belakangnya gaya sporti itu makin jelas terlihat dengan adanya spoiler dan diffuser. Yang dibuat menggunakan pendekatan serupa dengan lower grille, berbalut warna hitam dengan pola karbon. Namun, abaikan saja kisi-kisi udara yang ada di setiap ujung bumper karena sifatnya cuma kosmetik.

Merangkum desainnya secara keseluruhan, Honda Jazz RS 2017 masih memiliki siluet bodi senada dengan generasi sebelumnya. Wajar, dikarenakan pembaruan yang lalu hanya bersifat facelift. Bodi mobil ini tetap terlihat ringkas namun ajaibnya punya kapabilitas pengangkutan super luas.


Sudah bukan rahasia lagi kalau Honda Jazz adalah hatchback yang lega. Baik untuk bangku baris kedua ataupun bagasinya. Mobil ini semakin bisa memenuhi kebutuhan bawa banyak barang dengan fitur pelipatan ultra seat. Yang memungkinkan Anda menyulap bangku tengah sehingga tercipta ruang yang bisa dimanfaatkan bawa barang berdimensi tinggi atau panjang.

Di samping itu sandaran bangku tengah juga bisa dilipat rata ke depan hanya dengan satu tarikan. Langkah ini menggandakan dimensi bagasi yang sejatinya sudah luas. Inilah salah satu kekuatan Honda Jazz dibanding hatchback lain yang rasanya patut jadi poin pertimbangan.

Sementara semua kargo tersimpan layak di belakang, Anda bisa menikmati sensasi mengemudi yang enerjik di balik kemudinya. Hal itu dimulai dari adanya paddle shift yang memang sudah tertanam sejak generasi sebelumnya. Hanya saja ruang kabinnya punya nuansa lebih sporti dengan adanya jahitan-jahitan kontras berwarna oranye di atas material fabric.

Lantas, hal baru lainnya yang terlihat di dalam kabin adalah penggunaan floating head unit 8 inci. Dan panel sentuh pengaturan AC (Air Conditioner) plus climate control.

Beranjak ke syarat selanjutnya; mudah dikemudikan. Rasanya bukan hanya perempuan yang mengingkan mobil dengan karakter seperti ini. Handling Honda Jazz yang terkenal cukup baik berkat suspensi rigid pantas diapresiasi. Ditambah lagi visibilitas lapang ke depan. Mobil ini enak dipakai.

Menyangkut performanya, tak perlu keburu termakan stigma akselerasi kurang responsif karena mobil ini menggunakan CVT. Karena nyatanya ada paddle shift yang memungkinkan Anda memilih putaran mesin sesuai yang diinginkan buat mengejar momentum.

Selebihnya, mesin Honda Jazz RS 2017 masih menggunakan unit 1.500cc i-Vtec yang identik dengan generasi sebelumnya. Mempertahankan mesin adalah keputusan yang masuk akal mengingat tenaganya pun sudah menjadi yang terbesar di kelasnya, yaitu 120 PS. Jadi performanya tak memalukan.

Lalu di tengah-tengah konsumen yang cukup kritis terhadap harga, banderol Honda Jazz RS 2017 naik dibanding generasi sebelumnya. Atau lebih tepatnya mobil ini dilepas Rp272,5 untuk tipe CVT dan Rp262,5 untuk yang bertransmisi manual.

Dengan harga tersebut Anda mendapatkan mobil dengan fitur keselamatan yang sudah menggunakan Dual SRS Airbag, ABS, dan EBD (Electronic Brake Distribution). Kenaikan harga sekitar enam juta rasanya memang belum mencukupi untuk mobil ini memiliki mode ECON, Hill Start Assist, atau Vehicle Stability Assist.