Honda CRV turbo yang diperkenalkan kepada publik pada April tahun lalu mendapat sambutan positif dari konsumen. Pembaruan yang signifikan pada sektor mesinnya terbukti mampu menjadi daya tarik. Dari catatan Honda Prospect Motor (HPM), penjualan model SUV itu pun naik hingga dua kali lipat pasca diluncurkannya Honda CRV turbo.

Dari data yang dirilis HPM, selama tahun 2016 ada sebanyak 7.853 unit Honda CRV terjual. Sedangkan pada 2017 usai model barunya duluncurkan penjualan naik hingga mencapai angka 15.905 unit. Menurut pengakuan Honda, angka penjualan tersebut memantapkan posisi Honda CRV sebagai SUV dengan penjualan tertinggi sepanjang masa di Indonesia.

(Baca juga: Mitsubishi Xpander: Surat untuk Keluarga Indonesia)

Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan, “Kehadiran Honda CR-V di Indonesia merupakan bentuk komitmen Honda untuk menghadirkan produk SUV kelas dunia dan kami bersyukur bahwa model ini mendapatkan sambutan baik oleh konsumen di Indonesia seperti halnya di berbagai negara lainnya.”

Generasi kelima Honda CR-V untuk pertama kalinya memperkenalkan varian yang mengusung mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm, serta torsi maksimal 24.8 Nm pada 2000 – 5000 rpm sebagai yang terbesar di kelasnya.

Mesin VTEC Turbo adalah penyempurnaan dari versi konvensional, dimana mesin memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam cylinder head, sehingga kemampuan pembakaran meningkat dan menghasilkan tenaga maksimal dengan bahan bakar efisien.