Marc Marquez Honda MotoGP

Kemenangan ke 12 Marc Marquez di GP Malaysia yang digelar di Sirkuit Sepang, Minggu (26/10) kemarin juga menorehkan rekor baru bagi pabrikan berlambang sayap mengepak, Honda. Pasalnya, kemenangan tersebut membuat Honda mengunci gelar kampiun konstruktornya yang ke 63. Atau kemenangan ke 21 Honda di kelas utama – 8 di MotoGP dan 13 di kelas 500cc, ditambah 6 gelar di kelas 350cc, 19  di 250cc, 15 di kelas 125cc dan 2 di kategori 50cc. Total pebalap Honda telah memenangkan 695 kali balap di berbagai kategori.

Pebalap tim Repsol Honda untuk musim 2014, Marc Marquez dan Dani Pedrosa turut menyumbangkan poin besar guna meraih gelar Juara Dunia Konstruktor musim ini. Dengan perhitungan total 384 poin yang didapat oleh Marquez (13 kali), Pedrosa (2 kali), Stefan Bradl dan Alvaro Bautista (masing-masing 1 kali).

Terkait kemenangan ini, Vice President HRC, Shuhei Nakamoto mengatakan, “Sekali lagi kita sudah menyaksikan musim yang sangat menarik, dan menjadi sesuatu yang sangat spesial bagi tim pabrikan HRC. Marc telah menunjukkan dominasi yang luar biasa di awal musim setelah menjuarai sepuluh balapan berturut-turut, ini prestasi yang luar biasa. Dan memenangkan gelar juara dunia MotoGP keduanya di musim kedua yang diperoleh di Jepang merupakan sesuatu yang tidak akan pernah saya lupakan.”

“Dani juga telah melakukan hal yang luar biasa tahun ini. Dia adalah pebalap pertama yang mampu mengalahkan Marquez, di Republik Cheko. Kami mendukung dia 100% untuk berada di tempat kedua. Namun setelah balap di Phillip Island dan Malaysia, hal tersebut rasanya tidak mungkin. Jadi saya yakin dia akan fokus di 2015,” tambah pria yang bergabung bersama Honda Racing Corporation sejak 1983 ini.