Pabrikan Honda sedang melakukan upaya untuk melengserkan model Accord di seluruh Eropa, meninggalkan segmen kosong di benua tersebut.

Dijual sebagai Acura TSX di Amerika Serikat, Accord untuk pasar Eropa menyajikan sebuah alternatif yang lebih murah untuk sedan utama keluarga. Meski begitu TSX generasi berikutnya dijadikan satu dengan Acura TL untuk menciptakan TLX, meninggalkan lubang besar di protofolio Honda secara global.

Dan menanggapi fenomena tersebut, Leon Brannan, kepala dari Honda UK berkomentar kepada Automotive News Europe. “kami kehabisan Accord dan kami tidak akan kembali ke segmen tersebut,” jelasnya.

Padahal faktanya, tren di Eropa sedang berganti. Pembeli berbondong-bondong menyasar pasar mewah. Penjualan sedan berukuran sedang seperti Ford Mondeo dan Volkswagen Passat sedang anjlok karena pembeli lebih condong memilih BMW 3-Series dan Mercedes C-Class.

Sebenarnya, Accord spek eropa dan AS dijual berbarengan dengan produk yang sama di pasar kampung halaman Honda. Versi Eropa mengusung nama Accord, sementara AS mendapat nama Inspire. Perbedaan regional dalam varian ini dimulai sejak 1998 karena banyak pertimbangan dari pabrikan.