Honda United Kingdom bersama tim balap BTCC Dynamics (British Touring Car Championship) membuat sebuah hal yang istimewa. Mereka berkolaborasi dalam pembuatan sebuah alat pemotong rumput bertenaga 190 dk dan sanggup berlari hingga 241 km/jam.

Pekerjaan luar biasa ini digarap keduanya untuk membuktikan performa dari mesin-mesin Honda yang luar biasa. Alat pemotong rumput lansiran Honda berlabel Mean Mower V2 hasil modifikasi tersebut kini viral di dunia setelah beberapa media asing memberitakannya.

“Tantangan untuk memodifikasi kendaraan ini adalah berat mesin potong rumput yang hanya 69,1 kilogram. Untuk menyeimbangkan tenaga dengan bobot, dilakukan berbagai penyesuaian. Di antaranya, membuat sasis baja khusus serta mengganti rodanya dengan ukuran 10 inci, agar bisa menempel di aspal,” Managing Director Honda UK, Dave Hodgetts.

Sebongkah mesin copotan dari Honda CBR1000RR Fireblade SP kini jadi sumber tenaga penggerak alat potong rumput Mean Mower V2. Sesuai data spesifikasinya, mesin motor sport Honda ini punya tenaga 190 dk dan torsi sebesar 116 Nm.

Untuk memaksimalkan modifikasi, mesin dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan, dipasang kopling dan ECU baru, sistem pengereman baru, setir merek Sparco, serta layar LCD in dash yang terkoneksi dengan sistem ECU sebagai informasi untuk pengemudi.