Honda MSX 125 a

Bayangkan saja seperti ini. Anda akan bertemu seorang gadis cantik asal negeri Gajah Putih sana. Ya, seorang teman mengenalkannya pada Anda, sembari berbisik meminta Anda menemaninya jalan-jalan di akhir pekan. Kondisinya, Anda sendiri memang sudah lama tahu tentang gadis tersebut, namun kesempatan berjumpa tak kunjung tiba.

Pucuk di cinta, ulam pun tiba.. Sekarang gadis manis itu tiba-tiba muncul ada di hadapan Anda. Alih-alih rasa senang yang hinggap, Anda malah kebingungan.

Itulah impresi pertama saya ketika memandang Honda MSX 125 pertama kalinya di gerai bernama Safari Motor. Kebingungan harus berkomentar apa. Sungguh, saya sudah terlanjur terpesona.

Honda MSX 125 b

Saya acungkan jempol untuk desainer yang benar-benar jenius dalam meramu rupa motor ini.  Dibekali parasnya yang oval dipadu projector headlight sungguh terlihat manis. Namun yang mencuri perhatian tentu bukan hanya dari parasnya saja. Honda Thailand sungguh tidak tanggung-tanggung dalam membenamkan segala macam  komponen ekslusif dalam motor mungil ini.

Yang paling mencolok perhatian adalah Shock Breaker Upside-Down yang dilabur warna emas. Mewah sekali. Jangan lupakan keberadaan karet bunder Vee Rubber ukuran 120/70-12 dibagian haluan dan 130/70-12 di bagian buritan yang semakin membuat motor ini terlihat gambot. Mungil, namun kekar…

Ah sudahlah, saya tak sabar lagi untuk segera menunggangi motor yang berkubikasi 125cc ini. Coba duduk di joknya, mesti penyesuain terlebih dahulu nih. Posisi duduk-nya kental aura supermoto. Punggung dibuat tegak karena sektor kemudi mengusung model raise-bar. Sedangkan jarak antara jok dengan footstep membuat lutut ini menekuk maju.

Honda MSX 125 d

Bayangkan Anda dalam posisi squat namun memegang tongkat selebar 70cm di depan perut. Sudah kebayang kan?

Saya memang tidak mau ekspektasi berlebih tentang lumbung pacu-nya yang hanya berkubikasi 125cc. Ssst… spek-nya ini sama persis dengan motor bebek yang diproduksi massal disini lho.

Tekan electric starter, bukan deruman yang menyapa. Suaranya lebih mirip siulan. Zwing-zwingnya kental mirip moge. Tekan kopling dan masukkan gigi satu ke bawah dan sisanya keatas. Walaupun persneling masih berjumlah 4, gearboxnya sudah macam motor sport tulen. Mantap.

Honda MSX 125 f

Lalu bagaimana dengan tenaganya? Cukup satu kata untuk menggambarkannya. Eksplosif! Hanya dengan melepas kopling dan memutar grip gas perlahan, Sang Miss X langsung menyentak dengan responsive. Ini berbeda dengan motor 125cc biasa! There’s a wild side on this bike.

Sejatinya Honda MSX 125 memang diciptakan untuk memberikan fun experience baik di aspal maupun di trek offroad. Bahkan saat dibawa menerjang diantara kemacetan, tubuhnya yang mungil mampu dengan mudah menyelip diantara kendaraan-kendaraan yang mengantre. Saya yakin motor ini 100% cocok dipakai sebagai motor komuter sehari-hari yang sering stop n go. Konsumsi bensinnya tidak rakus.

Honda MSX 125 g

Lalu bagaimana dengan performanya di trek offroad? Ternyata memang sungguh tidak mengecewakan. Grip dari karet bundar yang oversize cukup menggigit di tanah kering. Sebelumnya saya sering melihat gaya crosser dalam melahap tikungan.

Saya tidak menyangka mampu melakukan hal yang sama dengan MSX 125. Dibawa merebah di jalanan tanah yang sedikit basah karena baru tersiram hujan, anteng saja tidak ada gejala ngebuang. Nikmat. Motor terasa nurut saja saat setang dibanding ke kiri dan ke kanan.

Honda MSX 125

Lalu kalau menikung di aspal bagaimana? Ya bisa saja, asal punya nyali dan ilmunya. He… he… he…

Jujur saya puas sekali mencoba performa si kecil ini. Memang ada beberapa kelemahan pada motor ini seperti body plastiknya yang terasa bergetar saat motor digeber. Tapi kelemahan-kelemahan itu dipastikan akan tertutup oleh sensasi berkendara yang terasa sangat unik. Belum lagi pandangan mata takjub (atau heran) dari pengguna jalan lain.

Dare to be different. Never judge book by its cover, dan… kecil-kecil cabe rawit.