Bila Anda berkunjung ke kota metropilitan seperti Tokyo. Mungkin  penampakan sebuah K-Car (kei jidōsha/ istilah untuk  golongan city car) memang tak terlalu kerap terlihat. Ya, hal ini dimaklumi karena penduduk tengah kota memang lebih memilih untuk naik kereta. Namun bila Anda melancong ke daerah pinggiran.  Tak heran bila pemandangan mobil kecil di bawah 1000cc ini bakal menjadi pemandangan Anda.

honda-n-one-mugen-previewed-51480_1

Yes, bicara tentang K-Car, ada hal yang menyita perhatian kala perjalanan thegaspol.com ke negeri Sakura Desember tahun lalu dan Februari kemarin. Ya, penampilan lansiran Honda yang berwajah lucu. Beberapa kali kami melihat memenuhi parkiran supermarket dan melintas di beberapa sudut jalan di pinggir kota Tokyo dan Nagoya.

honda-n-one-sales-debut-in-japan-photo-gallery_1

Yup, Honda N-ONE adalah mobil bermesin tiga silinder berkapasitas 658 cc DOHC S07A yang diproduksi untuk pasar Jepang.  Memulai debut  di Tokyo Motor Show 2011 dan mulai dilepas ke pasar lokal sejak akhir 2012 ini memang tampak laris manis.

Mugen-Honda-N-One-5[2]

Seperti yang kami lihat sendiri di kota Nagoya, N-ONE banyak berseliweran dengan sesama K-Car lansiran Daihatsu, Suzuki, Subaru dan Toyota. Begitupun dengan brand Italia yang juga tak ingin kalah pamor seperti FIAT500.

n360m_sunroof_1

Nah, N-ONE sejatinya memang mobil kecil bergaya retro yang diinspirasikan dari Honda N360 yang lahir tahun 1967. Penggunaan huruf “N” di nama itu sendiri sudah menandakan bahwa ialah sang penerus mobil mini yang dahulu pernah ada.

N-ONE_K---

Karena lebih dikhususkan sebagai alat transportasi irit dan tak memakan tlahan parkir. N-ONE hanya menghasilkan tenaga sekitar 63Hp. Namun mobil empat pintu yang besarnya tak lebih dari FIAT500 ini, nyatanya lebih pendek sekitar 6cm dari mobil buatan Italia itu. Secara dimensi, jarak sumbu roda 2.520 mm, Panjang 3.395 mm, Lebar 1.475 mm, Tinggi 1.610 mm dan berat 840 kg memang menandakan mungilnya mobil ini. Namun pengaturan desain interiornya membuat empat orang dewasa bisa masuk dalam kabinnya.

n-one-yellow

Selain desainnya yang lucu, seperti nampak wajahnya yang mirip kera. Ternyata karakter pengendalian mobil ini cukup disukai. Utamanya pada sektor transmisi continuously variable transmission (CVT) yang diakui sangat halus perpindahannya. Kecepatan puncak 120 kilometer / jam juga dianggap cukup untuk meliuk-liuk di tengah perkotaan. Pun demikian, Honda melansir versi top of the line N-ONE dengan mesin DOHC berpasokan turbocharger.

Well, kapan Kera ini bisa hadir di pasar Indonesia?