Bukan hanya mobil-mobil keluaran terbaru, mobil konsep dan mobil sport yang hadir sebagai sepesial eksebitor juga layak untuk dikunjungi di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.  PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek Honda di Indonesia membawa dua gacoannya, Honda NSX 2019 dan mobil balap Formula 1 Toro Rosso Honda STR14.

Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, melalui display Honda NSX kami ingin menunjukkan teknologi Sport Hybrid Honda yang tidak hanya sejalan dengan tren untuk mobil-mobil yang lebih efisien dan ramah lingkungan, namun juga mempertahankan karakter khas Honda yang sporty.

Sementara itu, kehadiran mobil balap Formula 1 Toro Rosso Honda STR14 dipercaya Honda sebagai bentuk komitmennya untuk terus konsisten berlaga di berbagai ajang balap. Ini adalah mobil jet darat besutan Kvyat asal Rusia dan pembalap pendatang baru – Alexander Albon yang berasal dari Thailand.

Honda NSX 2019

Sebagai sebuah model global, desain dan pengembangan unit daya Sport Hybrid pada NSX dilakukan di Tochigi, Jepang, sementara desain dan pengembangan pada bodi, sasis, kelistrikan serta desain interior dilakukan di Raymond, Ohio, Amerika Serikat. Desain awal untuk NSX dilakukan di Wako, Jepang dan kemudian dikembangkan lagi untuk diproduksi oleh Acura Design Studio di Los Angeles, Amerika Serikat. Proses riset dan pengembangan dilakukan selama empat tahun dengan melakukan pengujian di jalanan dan sirkuit.

Honda NSX 2019 didukung oleh tiga Motor Sport Hybrid dengan mesin Twin-Turbocharged DOHC V6. Maksimal total tenaga Honda NSX 2019 adaah 573 hp. Honda NSX menghadirkan akselerasi linier dan kuat yang disempurnakan melalui penciptaan Sport Hybrid SH-AWD (Super Handling All-Wheel Drive).

Sport Hybrid SH-AWD menggunakan motor listrik untuk membantu akselerasi, pengereman, dan menikung. Dengan vektor torsi bertenaga listrik yang disediakan oleh Twin Motor Unit yang dipasang di depan, NSX membawa teknologi Super Handling All-Wheel Drive ke dimensi baru dengan menggunakan distribusi torsi motor listrik yang dinamis, seketika dan berkesinambungan untuk meningkatkan presisi penanganan dan kinerja menikung dalam semua situasi mengemudi.

Toro Rosso Honda STR14

Mobil balap ini merupakan penerus dari Toro Rosso Honda STR13 yang pertama kali diluncurkan pada 11 Februari 2019 lalu dan melakukan tes pra musim Formula 1 perdananya di Barcelona yang dimulai pada 18 Februari2019. Toro Rosso Honda STR14 adalah salah satu mobil balap Honda F1 yang digunakan di musim balap Formula 1 tahun 2019 yang ditenagai oleh mesin Honda RA619H.

Toro Rosso Honda STR14 menggunakan mesin berkapasitas 1.6 L berkonfigurasi enam silinder (V6) dengan maksimum putaran mesin 15.000 rpm. STR14 dimodifikasi pada bagian sayap depan dan belakang menjadi lebih sederhana, lebih luas dan lebih tinggi yang bertujuan untuk menyalip lebih mudah di atas jalur lintasan. STR14 sendiri telah dilengkapi dengan sistem Halo yang memberikan perlindungan tambahan untuk kepala pengemudi.

Toro Rosso Honda STR14 menggunakan sasis Scuderia Toro Rosso Composite Monocoque yang seluruhnya mulai dari sasis hingga komponen aerodinamis secara keseluruhan dirancang dan diproduksi di Bicester, Inggris.

Pada musim 2019 ini, Honda memasok mesin ke dua tim balap yaitu Toro Rosso Honda dan tim Aston Martin Red Bull Racing. Pada seri balap Austrian Grand Prix yang digelar bulan Juni lalu, tim Red Bull Racing yang menggunakan unit mesin Honda RA619H berhasil merebut juara pertama melalui pembalap Max Verstappen.