Honda Racing Indonesia (HRI) kembali ikut memanaskan persaingan kompetisi balap mobil tanah air. Kali ini tim balap asuhan PT Honda Prospect Motor (HPM) membawa formasi baru demi catatan prestasi yang semakin gemilang setiap tahun keikutsertaannya.

Untuk musim 2022, tim HRI akan mengikuti agenda balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang akan digelar di sirkuit Sentul. Pada kelas Super Touring Car Racing (STC-R) 3.600 cc akan diikuti oleh Alvin Bahar dengan menggunakan mobil Honda Civic Type R. Honda juga akan kembali berpartisipasi pada Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.500 cc yang diikuti oleh Avila Bahar dengan besutan baru, Honda City Hatchback RS pada kelas Master. Sedangkan di kelas ITCR 1.200 cc, diisi oleh nama baru yang direkrut oleh HRI yakni Naufal Rafif Busro dengan menggunakan mobil Honda Brio RS.

Naufal Rafif Busro yang baru berusia 15 tahun, sebelumnya telah mengikuti berbagai ajang balap bergengsi seperti Honda Brio Speed Challenge (HBSC) tahun 2021 sebagai juara dan tahun 2019 sebagai juara kedua, kejuaraan ITCR Kejurnas tahun 2021 sebagai juara pertama dan juara ketiga pada tahun 2019.

Tidak hanya kejuaraan balap touring nasional, HRI juga mengumumkan untuk menurunkan dua pembalap slalomnya pada kejuaraan Autogymkhana 2022 yang akan diikuti oleh Anandyo Dwiki pada kelas A (Man), serta Canya Prasetyo pada kelas A (Woman). Autogymkhana merupakan kejuaraan slalom nasional yang akan diadakan di beberapa daerah di Indonesia dari bulan Maret – November 2022.

Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda bersama dengan HRI dengan bangga memperkenalkan komposisi baru untuk musim 2022 dari kelas, mobil, hingga pembalap baru. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kami untuk terus memajukan kejuaraan balap di Indonesia serta mendukung para pembalap muda sejalan dengan semangat Everyone Can Race yang selalu kami usung.

Pada musim yang sama, Honda juga akan menyelenggarakan ajang One Make Race 2022 sebagai salah satu bentuk komitmen Honda dalam mendukung ajang balap yang terdiri dari Honda Brio Speed Challenge (HBSC) serta Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) yang untuk pertama kalinya digelar untuk menggantikan Honda Jazz Speed Challenge.

Pada musim sebelumnya, HRI juga ikut serta dalam kejuaraan touring serta slalom nasional, dengan Alvin Bahar pada kelas ITCR Max 1.600 cc menggunakan Honda Jazz, Avila Bahar pada kelas ITCR 1.500 cc Rising Star dengan mobil Honda Jazz, dan Canya Prasetyo pada ITCR 1.200 cc dengan mobil Honda Brio. Sedangkan pada kejuaraan slalom, Honda juga menurunkan Canya Prasetyo pada kelas A (Woman) serta Anandyo Dwiki pada kelas A (Man).

Musim lalu, Avila Bahar berhasil keluar sebagai juara umum kelas Rising Star, sedangkan Anandyo Dwiki keluar sebagai juara pertama pada seri 3 Autogymkhana dan juara ketiga pada seri pertama dimana Canya Prasetyo secara keseluruhan berhasil menduduki posisi keempat pada kelas A (Woman).