Walau fokus utama jagad otomotif tengah berpusat di Frankfurt, Honda berusaha menarik perhatian publik dengan meluncurkan Civic terbaru di LA, Amerika Serikat, Rabu (16/9). Pada generasi ke sepuluh ini Honda benar-benar ingin mengubah image Civic.

Desainnya mengalami perombakan radikal jika dibanding generasi sebelumnya. Siapapun yang baru melihat pasti langsung menyadari gaya anyar pada roofline sedan terlaris Honda ini. Ya, Civic generasi ke-10 mengusung sloped roofline yang membuatnya lebih mirip dengan mobil-mobil fastback, di mana roofline bermuara tepat di buritan.

Perkara roofline ini sebetulnya bukan hal baru, mengingat bentuk yang sama sudah diungkap Civic konsep April 2015 silam.

Menyinggung performa, Honda menawarkan dua mesin baru. Pertama, ialah lumbung mekanis 1,5 liter direct injected dengan turbocharged 16-valve inline-4 yang dikombinasikan dengan CVT. Mesin ini tersedia untuk trim EX-T, EX-L, dan Touring. Turut hadir pula mesin 2.0 liter i-VTEC 4-silinder. Konsumen akan disuguhkan opsi transmisi manual 6-percepatan atau CVT.

Civic Sedan ini akan mengawali varian lainnya yang bakal hadir, seperti coupe, model performa Si, hatchback 5 pintu, dan model perdana Civic Type-R untuk pasar AS.

Fitur kunci lainnya pada Civic generasi ke-10 ini antara lain dukungan Apple CarPlayAndroid Auto, serta penggunaan lampu LED. Sementara itu penggunaan paket platform baru membuatnya punya kabin terluas di kelas sedan kompak.