Consumer Electronic Show (CES) di AS sudah menjadi sebuah magnet bagi pabrikan otomotif dunia untuk memboyong produk-produk terbarunya yang bersenjatakan motor listrik ke Las Vegas, tempat gelaran berlangsung. Termasuk Honda, pabrikan Jepang ini membawa dua armada canggih ke pameran yang diselenggarakan pada 9-12 januari 2018.

Dua armada canggih tersebut merupakan sebuah pengembangan teknologi berkonsep 3E dari Honda, yakni Empower, Experience dan Emphaty. Dimana konsep 3E tersebut dituangkan dalam sebuah visi dimana teknologi robot dan Artificia Inteligence (AI) dapat membantu manusia dalam berbagai situasi.

Prinsip 3E yang dianut dalam pembuatan robot konsep adalah bagian dari fokus utama Honda di CES 2018, yaitu robotika, mobilitas dan manajemen energi. Hasilnya adalah dua kendaraan canggih dan pintar dari Honda yang di masa mendatang bisa dipastikan memiliki nilai kegunan yang besar bagi umat manusia.

Honda Mobile Power Pack 4W-Vehicle Concept

Ini adalah sebuah kendaraan bertenaga listrik (Electric Vehicle – EV) dari Honda yang sudah tentu ramah lingkungan. Kendaraan konsep yang dirancang untuk satu pengemudi dan satu penumpang ini punya desain dengan dua slot Power Pack di setiap sisi kursinya untuk mengakomodir keperluan supply tenaga baterai guna daya jelajah yang lebih jauh.

Dengan model buggy seperti ini, bukan tak mungkin kedepannya nanti Honda akan menghadirkan kapabilitas yang lebih baik lagi dengan gerak empat roda. Penggunaannya bisa bermacam-macam, mulai dari kendaraan operasional bandara, kendaraan offroad ringan bahkan bisa untuk armada penjaga pantai.

Honda 3E-D18

Ini adalah konsep Empower dari Honda yang dituangkan dalam sebuah kendaraan. Kendaraan otonom ini bisa menggantikan tugas manusia. Saat diperlukan, kolaborasi robot dan AI bisa mengaktifkan motor listrik dan sistem kemudi untuk menggerakkan kendaraan.

Kedepannya kendaraan konsep Honda 3E-D18 ini bisa membantu berbagai aktivitas manusia seperti Searh and Rescue (SAR) untuk di wilayah yang berbahaya, pemadam kebakaran otomatis, industri agrikultur dan rumah tangga.

President & CEO Honda R&D Yoshiyuki Matsumoto mengatakan, kita telah memasuki era dimana robot akan menjadi esensial di keseharian kita, dan robot memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, sebutnya dalam siaran resmi.